Selasa, 12 Nov 2019

Dirut BPODT Tutup Pesta Budaya Tradisional Batak ke-10 di Balige Tobasa

admin Sabtu, 13 Juli 2019 13:59 WIB
SIB/Frans Simanjuntak
JUARA PERTAMA LOMBA MARTUMBA: Ketua Dewan Pembina SMA Negeri 2 Balige Letjen (Purn) DR TB Silalahi SH dibadikan bersama juara pertama lomba Martumba dari SD Swasta Bintang Kejora Lintong Nihuta Kabupaten Humbahas pada Pesta Budaya Tradisional Batak ke-10 Tahun 2019 yang digelar di Museum TB Silalahi Center, Sabtu (7/7).
Tobasa (SIB) -Direktur Badan Pelaksana Otorita Danau Tobasa (BPODT) Arie Prasetio menutup pergelaran Pesta Budaya Tradisional Batak ke-10 Tahun 2019 bertajuk "Cinta Budaya, Bangun Toba Bersama" yang digelar di Museum TB Silalahi Center Balige Tobasa, Sabtu (7/7). Barbagai evet digelar guna melestarikan budaya Batak dan sekaligus meningkatkan daya tarik wisatawan.

Arie dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pihak Museum TB Silalahi Center yang telah menggelar Pesta Budaya Tradisional Batak tersebut. Kegiatan ini diikuti 900 peserta dari beberapa kabupaten/kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Ke depan Arie berharap, event-event budaya Batak dapat dilaksanakan rutin dan bukan hanya dilaksanakan setiap tahun. sehingga wisatawan dapat datang berkunjung untuk melihat pertunjukan budaya, sejarah dan keindahan budaya Batak.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Dewan Pembina Yayasan Soposurung (Yasop) SMA Negeri 2 Balige Letjen (Purn) DR TB Silalahi SH, Komandan Sekolah dan Staff Angkatan Darat (Seskoad), Mayjend TNI Kurnia Dewantara, Mayjen TNI (Purn) Haposan Silalahi, mantan Jamintel Kejagung Edwin Pamimpin Situmorang, Group Arta Graha Peduli dan ratusan masyarakat.

TB Silalahi di hadapan para undangan menjelaskan tujuan digelarnya acara itu yaitu untuk meningkatkan kecintaan generasi muda Batak terhadap budaya sekaligus sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam rangka pengembangan kawasan wisata Danau Toba menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Berbagai kegiatan yang diperlombakan antara lain, lomba menulis surat Batak Toba, lomba paduan suara, lomba martumba, lomba tortor dan maminta gondang, lomba mangandung, lomba fashion show design busana bahan bekas nuansa Batak, lomba uning-uningan dan lomba mandok hata.

Usai lomba, kepada para juara pertama, TB Silalahi meminta untuk kembali memperagakan dan memperlihatkan kemampuan mereka di hadapan para tamu undangan. Tamu undangan yang hadir tampak terhibur dan terpukau melihat aksi para pelajar tersebut.

Pada kesempatan itu, TB Silalahi juga menjelaskan salah satu perlombaan yang diperlombakan dalam event itu yaitu mangandung. Kata dia, mangandung adalah ungkapan kesedihan yang kerap diperdengarkan orangtua zaman dahulu saat suasana duka. Namun lomba mangandung yang diperlombakan dalam event ini bukan lagi ungkapan tangisan dalam suasana duka, tetapi nada yang dilantunkan dalam bentuk andung untuk mengungkapkan rasa kecintaan dan syukur terhadap suasana suka ataupun keindahan alam Danau Toba.

Juara lomba terdiri dari, Juara 1 Martumba diraih SD Swasta Bintang Kejora Lintong Nihuta Kabupaten Humbahas, Juara 2 SD Katolik San Francesco Balige, Juara 3 SDN 173403 Dolok Sanggul Kabupaten Humbahas.

Juara 1 Fashion diraih Ester Simamora, Juara 2 Angelia Siboro, Juara 3 Gladis Siregar. Untuk The Best Make UP diraih Icha Rumahorbo, The Best Catwalk diraih Arlessa Silalahi dan The Best Performance diraih Catherine Manullang.

Uning Uningan, Juara 1 SMAN 1 Dolok Sanggul, Juara 2 Sanggar Tonggi Humbahas dan Juara 3 Sanggar Tunas Kelapa Samosir.
Manortor, Juara 1 diraih Sanggar Sibunga Jamu dari Samosir, Juara 2 diraih Atturnung Smandu Samosir dan Juara 3 Sanggar Tonggi Humbahas.

Untuk event Maminta Gondang, keluar sebagai Juara 1 Sanggar Sibunga Jambu, Juara 2 Sitolu Ragi Samosir dan Juara 3 Atturnung Smandu Samosir.

Sementara untuk event Menulis Aksara Batak, Juara 1 diraih Paulina Tambunan dari SMPN 1 Bakti Raja Humbahas, Juara 2 Prisilia Lumbangaol dari SMPN 1 Bakti Raja Humbahas dan Juara 3 atas nama Ony Simamora dari SMP Budhi Dhrama Balige, Tobasa.

Untuk juara pertama lomba menulis aksara Batak ini, TB Silalahi berjanji akan memberikan beasiswa masuk ke Yayasan Soposurung SMA Negeri 2 Balige secara gratis tanpa seleksi.

Selanjutnya, untuk event Lomba Mangandung, Juara 1 diraih Veni Sinurat, Juara 2 diraih Fifi Sirait dan Juara 3 diraih Damawaty Nadeak.

Sedangkan event Mandok Hata, Juara 1 diraih Hanandita Manurung dari Kabupaten Tobasa Juara 2 diraih Fransiskus Malau dari Samosir dan Juara 3 diraih Jonas C Hutapea dari Samosir.

Dan terakhir untuk event paduan suara Juara 1 diraih SMAN 2 Balige, Juara II, SMA Kalam Kudus Pematang Siantar dan Juara 3, SMAN 1 Siborongborong. (BR8/H03/d
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments