Jumat, 20 Sep 2019

Dari Vampir Hingga Kurcaci, Inilah Legenda Polandia yang Mendunia

admin Sabtu, 23 Februari 2019 16:17 WIB
Istana Kornik yang menyimpan legenda terkenal Polandia
Siapa pun yang mengunjungi Polandia pasti akan disambut dengan sejarah dinasti kerajaan dan perang di negara tersebut. Sejarah tersebut kaya akan cerita rakyat mengenai penyihir, hantu, pahlawan, dan monster.

Entah Anda penggemar atau bukan, namun bagi mereka yang tertarik dengan sihir dan paranormal, Polandia menawarkan banyak tempat menarik. Tentunya dengan cerita rakyat sebagai latar belakangnya. Berikut lima legenda Polandia yang cukup mendunia:

Vampir
Situs pemakaman di sekitar Polandia menunjukkan bukti ritual yang dilakukan untuk mencegah orang mati bangkit kembali. Mereka yang meninggal mendadak atau bunuh diri dianggap berisiko menjadi vampir. Sifat fisik tertentu juga dilihat sebagai faktor risiko, kidal misalnya.

Bukti praktik penguburan antivampir ditemukan pada situs penggalian pemakaman abad ke-17 dan 18, di desa Drawsko.

Di sana, ditemukan tubuh dengan sabit besi di sekitar leher serta batu di tenggorokan. Begitu pula dengan jasad enam wanita yang diduga menjadi subyek praktek antivampir yang ditemukan di alun-alun Krakow. Dua orang dipenggal kepalanya, sementara tangan yang lainnya diikat dengan tali.

Naga Krakow
Kastil Wawel yang megah di Krakow terletak di atas bukit dengan gua-gua bercelah. Legenda mengatakan, dahulu kala, pada masa kepemimpinan Raja Krak, salah satu gua ditempati oleh naga yang meneror kota Krakow. Ia memakan para gadis dan hewan ternak.

Menurut legenda tertua, anak raja berhasil menipu naga ini dengan memberikannya daging sapi yang sudah dilumuri belerang. Isi perut naga pun terbakar dan ia akhirnya mati. Namun, cerita ini memiliki akhir yang suram. Pangeran muda yang cemburu membunuh kakak laki-lakinya dan melempar kesalahannya pada naga.

Versi lainnya menceritakan bahwa raja sendirilah yang berhasil membunuh binatang jahat tersebut.

Perempuan Berkulit Putih
Polandia dihiasi dengan kastil dan istana bersejarah, yang diyakini sering dikunjungi oleh roh penghuni terdahulu. Di antaranya adalah Istana Kornik, yang berlokasi di dekat Poznan, Polandia Barat.

Dalam istana yang dibangun pada 1430 dan sudah mengalami beberapa perombakan ini, diduga terdapat hantu perempuan. Di ruang makan istana, terpasang lukisan Teofila Szoldrska-Potulicka (1714-1790). Berdasarkan cerita yang beredar, Teofila melangkah keluar dari lukisan pada malam hari. Ia akan berkuda dan 'berpatroli' ke seluruh istana - ditemani dengan ksatria misterius.

Para penyihir di Bald Mountain
Bald Mountain merupakan salah satu tempat terkenal pada permainan Witcher. Namun, pegunungan ini merupakan tempat nyata yang ada di Polandia dengan cerita masa lalunya. Lysa Gra (atau Bald Mountain), merupakan pusat pemujaan berhala di Romawi dan awal abad pertengahan. Ini membuatnya memiliki reputasi sebagai lokasi pertemuan para penyihir.

Kurcaci Wroclaw
Kurcaci, atau krasnale, merupakan cerita rakyat yang terkenal di Polandia. Mereka memiliki cerita asal mula yang moderen. Pada 1980-an, aktivis Orange Resistance menentang rezim komunis yang didukung Soviet. Pemerintah Polandia lalu menggambar grafiti kurcaci di kota-kota besar Polandia sebagai symbol perlawanan.

Patung kurcaci pertama yang dibangun untuk memperingati gerakan tersebut, ditempatkan di Jalan Swidnicka, Wroclaw, pada 2001. Sejak saat itu, jumlah patung kurcaci semakin banyak dan menjadi obyek wisata di Polandia. (Nationalgeographic/l)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments