Selasa, 26 Mei 2020
PDIPSergai Lebaran

Budaya Betawi Meriahkan Diaz Festival 2020 di Cape Town

Redaksisib Sabtu, 08 Februari 2020 15:05 WIB
dok KJRI Cape Town
Cape Town (SIB)
Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Cape Town, Afrika Selatan memperkenalkan budaya Indonesia di Diaz Festival Afrika Selatan. Dalam acara itu, KJRI Cape Town memperkenalkan tarian asal DKI Jakarta.

Dalam keterangan pers yang diterima dari KJRI Cape Town, acara festival bernama Diaz Festival itu digelar selam 2 hari pada hari Jumat 31 Januari dan Sabtu 1 Januari 2020. Acara festival itu disebut rutin diadakan setiap tahunnya oleh pemerintah Kota Mossel Bay.

Peserta yang ikut serta dalam festival itu terdiri dari beberapa negara. Negara yang ikut serta antara lain Indonesia, Jerman, Portugal, Tiongkok, Madagaskar, hingga masyarakat lokal Afrika Selatan sendiri.

KJRI Cape Town dalam acara ini mempersembahkan salah satu tarian adat di Indonesia, yakni 'Tari None Betawi' asal DKI Jakarta. Penampilan ini bertujuan mempromosikan budaya Indonesia.

"Tarian ini menceritakan mengenai perempuan-perempuan Betawi yang sedang beranjak dewasa yang energik, aktif dan ceria serta memiliki keakraban yang baik dengan lingkungannya," bunyi keterangan pers KJRI Cape Town.

Di acara ini, negara-negara lain juga memperkenalkan pertunjukan tari, pertunjukan musik hingga pertunjukan menyanyi dalam acara itu. Kegiatan festival itu diawali dengan penampilan di Langeberg Mall pada tanggal 31 Januari kemudian, pada hari berikutnya kegiatan parade bersama di Kota Mossel Bay yang diikuti oleh beberapa delegasi yang kemudian dilanjutkan dengan penampilan di panggung utama.

Melalui kegiatan Diaz Festival ini, Konjen RI Cape Town Mohamad Siradj Parwito berharap acara ini dapat semakin mempererat hubungan Indonesia dengan Afrika Selatan khususnya Mossel Bay. Dia juga berharap di acara ini dapat membantu mempromosikan keragaman budaya Indonesia di Cape Town.

"Harapannya acara ini dapat semakin mempererat hubungan Indonesia dengan Afrika Selatan khususnya Mossel Bay," kata Siradj. (detikcom/d)
T#gs
LebaranDPRDTebing
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments