Jumat, 05 Jun 2020
PDIPSergai Lebaran

5 Kebiasaan Unik Ini Ada dalam Pesta Pernikahan Tradisional ala Italia

Redaksisib Sabtu, 01 Februari 2020 12:31 WIB
idntimes.com

Ilustrasi

Budaya pernikahan tradisional bukan hanya dimiliki masyarakat Indonesia saja. Di luar negeri pun terdapat ketentuan sendiri yang harus diikuti. Jika biasanya di Indonesia ini tradisinya berupa berbagai seserahan dan makanan tertentu sebagai simbol keberuntungan, di Italia ternyata ada beberapa budaya yang beda dari yang lain.

Ini dia 5 kebiasaan unik yang hanya ada di dalam pesta pernikahan tradisional ala Italia.

1. Budaya melempar beras setelah upacara pernikahan
Setelah acara pemberkatan selesai, umumnya para tamu dan pengantin akan keluar dari gereja dan mengucapkan kata auguri bersamaan, lalu melempar beras untuk merayakan pernikahan yang baru saja diresmikan. Beras juga bisa diganti menjadi confetti dan ini dianggap sebagai simbol keberuntungan.

2. Wajib mengambil bomboniera sebelum pulang
Berbeda dari pelemparan beras setelah upacara pernikahan, saat acara selesai dan tamu bergegas pulang ada budaya mengambil bomboniera. Bomboniera ini semacam souvenir pernikahan dalam tradisi masyarakat Italia. Kenang-kenangan ini berupa kue-kue atau permen yang dibungkus dengan kotak.

3. ‘Pengumpul’ hadiah yang mencolok di tengah pesta
Jika kamu diundang ke acara pernikahan kerabat bertradisi ala Italia, jangan lupa membawa hadiah berupa uang tunai atau barang. Ini merupakan sebuah kewajiban terutama di Italia bagian selatan. Yang uniknya lagi uang amplop yang diberikan akan ditagih oleh ‘pengumpul’ hadiah yang biasanya terlihat mencolok di sepanjang pesta berlangsung.

4. Keharusan menggunakan baju terbaik
Masyarakat Italia sangat menghargai kerapian dalam berpakaian sehingga ketika ada acara formal seperti pernikahan, para tamu undangan diminta mengenakan baju terbaik yang dimilikinya. Karena jika tidak pengantin akan merasa sangat tidak dihargai.

5. Menyediakan berbagai jenis makanan
Ada baiknya kamu gak makan dan mengosongkan perut sebelum datang ke pesta pernikahan. Sebab selama pesta berlangsung akan ada beberapa pergantian ronde makanan yang menyajikan berbagai jenis yang selalu dalam jumlah besar. Pesta pernikahan sama seperti pesta makan besar yang gak ada hentinya. (Sindonews/c)
T#gs
LebaranDPRDTebing
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments