Sabtu, 17 Agu 2019
  • Home
  • Kuliner
  • Resep Kering Tempe Renyah untuk Lauk Sahur

Resep Kering Tempe Renyah untuk Lauk Sahur

admin Minggu, 12 Mei 2019 16:25 WIB
Kering tempe yang renyah dan gurih.
Kering tempe merupakan lauk pelengkap nasi uduk, nasi kuning atau nasi langgi dan nasi rames. Meski terlihat sederhana dan mudah, buktinya masih banyak yang gagal membuat kering tempe. Melempem dan terlalu manis. Beberapa hal ini perlu Anda perhatikan saat membuat kering tempe yang renyah dan gurih.

1. Tempe
Pilih tempe yang bagus kualitasnya. Butir kedelainya rapat dan padat. Jika ditekan agak keras dan tidak empuk atau lembek. Siapkan 1 potong besar tempe sekitar 500 gram.

Potong-potong tempe dengan pisau tajam berukuran 2 mm x 0.5 cm x 3 cm. Taruh potongan tempe ini di baki atau tampah. Angin-anginkan sambil sesekali aduk hingga agak kering. Goreng irisan tempe hinggga kuning kecokelatan dan kering. Angkat dan tiriskan. Taruh di atas baki hingga dingin.

2. Bahan dan bumbu lainnya
Siapkan 100 gram cabai merah besar, buang bijinya, iris sering tipis. Siapkan juga 8 butir bawang merah dan 4 siung bawang putih. Iris tipis keduanya. Goreng cabai merah hingga agak kering. Goreng bawang merah dan bawang putih hingga kering. Sisihkan.
Siapkan bumbu lainnya. 2 cm lengkuas, 1 lembar daun salam, 4 sdm gula pasir dan 1 sdm gula merah yang sudah disisir halus.

3. Bahan tambahan
Jika akan ditambahkan teri dan kacang. Siapkan 50 g teri tawar dan 50 g kacang tanah. Goreng keduanya terpisah hingga kering. Untuk teri, pilih jenis teri tawar seperti teri Medan yang kecil putih, teri jengko yang utuh dengan kepala atau teri belah tawar yang pipih.
4. Mencampur bahan
Untuk mencampur semua bahan, panaskan 3 sdm minyak dalam wajan. Masukkan gula pasir, gula merah, daun salam dan lengkuas. Bubuhi sedikit garam. Tuangi 200 ml air dan didihkan hingga kental.

Jika adonan gula ini sudah berbuih merata di seluruh permukaan wajan dan agak kental, masukkan tempe, cabai merah goreng, teri goreng, kacang goreng, bawang merah dan bawang putih goreng. Aduk-aduk hingga seluruhnya tercampur rata. Setelah dingin, kemas dalam wadah bertutup rata. (detikFood/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments