Kamis, 19 Sep 2019
  • Home
  • Kuliner
  • Nasi Sigambiri Khas Saribudolok yang Menggugah Selera

Nasi Sigambiri Khas Saribudolok yang Menggugah Selera

Admin Minggu, 16 Desember 2018 12:08 WIB
SIB/Mey Hendika Girsang
Simalungun (SIB) -Nasi Sigambiri merupakan makanan khas Saribudolok Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun. Hampir di setiap rumah tangga maupun kedai nasi menggunakan Sigambiri sebagai makanan utama.

Sigambiri itu asli produk lokal yang ditanam petani di ladangnya. Benihnya pun asli dari penangkar petani lokal yang sudah dilakukan sejak dulu hingga sekarang. Petani membudidayakannya, karena nasi itu enak dan bergizi bagi kesehatan.

Bukan karena itu saja, warga  menjadikan Sigambiri jadi nasi utama, karena saat musim tanam padi Sigambiri, petani tidak pernah menggunakan pestisida ataupun bahan kimia, hanya mengandalkan siklus alam untuk memberantas hama.

Nasi Sigambiri juga memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan dan bisa untuk tepung beras merah bagi makanan bayi. Menurut masyarakat daerah itu, jika dibandingkan dengan nasi putih, Sigambiri lebih kaya nutrisi, sedangkan nasi putih dianggap lebih banyak mengandung gula. 

"Jadi, apa pun menunya, jika menggunakan nasi sigambiri, selera makan bertambah dan tenaganya pun kuat. Aroma sigambiri itu sangat menggugah selera," kata seorang warga Gon Purba, Sabtu (15/12) di Saribudolok.

"Jika kita makan di kedai nasi pakai sigambiri, harganya Rp 18 ribu kalau pakai menu nasional. Namun, jika menggunakan menu daerah seperti B1 dan B2, harganya Rp 20 ribu -Rp 25 ribu satu porsi," tambahnya.

Selain di kedai nasi dan rumah tangga, nasi sigambiri juga merupakan makanan khas saat pesta. Makanan itu dipilih, selain rasanya lezat dan bergizi tinggi, juga karena sudah turun temurun dilakukan masyarakat Saribudolok.

Bila tak menggunakan nasi sigambiri saat pesta, selera makan undangan berkurang dan jadi bahan ocehan di tengah-tengah masyarakat. Penasaran? Berkunjunglah ke Saribudolok saat liburan. (D06/c)

Editor: Admin

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments