Rabu, 18 Sep 2019

Meracik Es Krim dengan 'Sihir' Sains

admin Minggu, 25 Agustus 2019 14:03 WIB
CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari
Chef Ronald Prasanto saat meracik es krim dengan nitrogen cair.
Gastronomi molekuler jadi teknik memasak yang sempat naik daun beberapa waktu silam. Perpaduan teknik memasak dasar dan sains membuat pengalaman bersantap jadi lebih menyenangkan dan menghibur.

Teknik memasak satu ini bahkan bisa membantu Anda mengolah makanan tanpa kehadiran alat canggih sekalipun, termasuk di antaranya membuat es krim dengan bantuan nitrogen cair.

"Bikin es krim itu sederhana," ujar chef Ronald Prasanto yang terbiasa memasak dengan teknik gastronomi molekular di Ramurasa, Kemang, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Beberapa alat sederhana yang perlu disediakan di antaranya whipped cream, susu cair, dan emulsifier atau zat untuk membantu menjaga kestabilan emulsi minyak dan air. Emulsifier diperlukan untuk menyatukan whipped cream yang berlemak dan susu cair yang berbasis air.

Selanjutnya, siapkan 500 mililiter whipped cream, 1 liter susu cair, 4 lembar gelatin, dan 60 gram gula pasir.

Rendam gelatin di air hangat agar teksturnya empuk. Setelahnya, panaskan semua bahan. "Aduk sampai rata, enggak perlu sampai mendidih," ujar Ronald.

Bahan-bahan yang disebutkan di atas adalah bahan dasar es krim. Pembuatan es krim pun memanfaatkan nitrogen cair.
Masukkan campuran bahan es krim ke dalam mixer. Sembari diaduk, masukkan nitrogen cair sedikit demi sedikit. Saat nitrogen masuk, asap akan keluar dari wadah. Perlahan, bahan es krim yang cair berubah menjadi lebih padat seperti adonan kue.

Nitrogen cair dengan cepat mendinginkan campuran bahan sehingga tak memakan waktu lama. Proses ini akan lebih cepat, kata Ronald, jika campuran bahan berada dalam keadaan dingin.

Tanpa nitrogen cair
Jangan pikir es krim tanpa nitrogen cair tak bisa dibuat. Es krim tetap bisa dibuat meski tak ada tanpa nitrogen cair dengan teknik yang berbeda.

Pertama, siapkan seal bag atau wadah plastik dengan dua buah penutup berbeda ukuran. Pada wadah pertama berukuran kecil, masukkan campuran bahan. Kemudian, masukkan ke dalam wadah yang lebih besar.

Selanjutnya, masukkan es batu dan garam pada wadah besar. Masukkan es batu dan garam pada wadah besar sehingga terjadi proses pendinginan.

Setelah semua bahan berada di satu wadah, kocok campuran itu. (CNNI/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments