Selasa, 15 Okt 2019
  • Home
  • Kuliner
  • Mau Bikin Biji Ketapang Enak dan Renyah? Ikuti Tips Berikut

Kue Lebaran

Mau Bikin Biji Ketapang Enak dan Renyah? Ikuti Tips Berikut

admin Minggu, 02 Juni 2019 11:02 WIB
Biji Ketapang
Setiap momen Lebaran ada camilan khas Betawi yang kerap hadir. Ya, biji ketapang yang manis renyah kriuk-kriuk. Meskipun mudah, biji ketapang yang enak harus diolah dengan teknik khusus.

Untuk membuat camilan berbentuk bulat runcing ini terbilang mudah, bahan bakunya juga sederhana. Tapi diperlukan beberapa trik untuk menghasilkan biji ketapang yang renyah.

Kalau lebaran tahun ini ingin membuat biji ketapang yang empuk renyah dan enak, simak serta ikuti tips berikut.

1. Pilih bahan
Untuk membuat biji ketapang, diperlukan beberapa bahan mulai dari tepung terigu, margarin, gula pasir, santan dan kelapa parut. Gunakan tepung terigu protein sedang agar biji ketapang bertekstur empuk dan renyah.

Perhatikan juga penggunaan santan kentalnya, pastikan memakai santan segar. Demikian juga perhatikan kesegaran kelapa parut karena santan dan kelapa ini yang menentukan rasa gurih dari biji ketapang.

2. Sangrai kelapa
Sebelum dicampur dengan berbagai bahan lain, kelapa parut harus lebih dulu disangrai. Siapkan wajan anti lengket kemudian sangrai kelapa parut hingga kering dan berwarna kecoklatan.

Sangrai kelapa dengan api kecil sambil terus diaduk, perhatikan warna kelapa agar tidak terlalu gosong. Setelah kelapa siap, haluskan menggunakan blender hingga menjadi bubuk kelapa yang harum.

3. Cara mencampur bahan
Saat membuat adonan biji ketapang, bahan pertama yang harus dicampur adalah gula pasir, garam, telur dan santan. Aduk semua bahan ini hingga tercampur rata lalu sisihkan.

Buat adonan kedua yakni campuran tepung terigu dan kelapa sangrai. Aduk hingga rata kemudian tambahkan margarin dan aduk kembali hingga tercampur rata. Campur kedua adonan lalu uleni hingga jadi adonan yang mudah dicetak.

4. Cetak adonan dan goreng
Ambil sedikit demi sedikit adonan, lalu pulung memanjang. Gunakan gunting untuk memotong adonan agar hasilnya sama rata. Usahakan untuk membuat biji ketapang ukuran kecil setidaknya setebal 1 cm.

Setelah biji ketapang tercetak, panaskan minyak di atas api sedang lalu goreng adonan hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan biji ketapang.

5. Simpan
Saat sudah matang, biji ketapang harus didiamkan terlebih dulu sampai dingin. Menyimpan biji ketapang yang masih hangat akan membuatnya lembab dan cepat melempem.

Untuk membuat tekstur biji ketapang yang renyah dan tidak keras, kudapan ini juga harus disimpan dalam wadah kedap udara. Gunakan stoples dengan penutup rapat dan simpan dalam suhu ruang serta jauh dari sinar matahari. (Denle foof/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments