Sabtu, 04 Jul 2020
PalasBappeda
  • Home
  • Kuliner
  • Bumbu Ayam Ungkep dan Resepnya untuk Persiapan Puasa

Bumbu Ayam Ungkep dan Resepnya untuk Persiapan Puasa

Minggu, 19 April 2020 19:48 WIB
Foto: dok.detikFood

Ayam Ungkep 

Puasa tinggal menghitung hari lagi. Menu ayam goreng biasanya paling favorit. Persiapkan ayam ungkep dari sekarang yuk untuk menu sahur dan menu buka puasa.
Untuk membuat bumbu ayam ungkep, siapkan 2 ekor ayam. Masing-masing dipotong 8 bagian atau 10 bagian.

Berikut bumbu ayam ungkep:

1. Bumbu Ayam Ungkep Kuning:
7 butir kemiri, 12 butir bawang merah,6 siung bawang putih, 4 cm kunyit, 2 cm jahe,1 cm lengkuas,1/2 sdt merica butiran,1 sdt garam,10 g gula merah, 1 batang serai, memarkan, 2 lembar daun salam.

Cara membuat ayam ungkep:
Haluskan bumbu kecuali lengkuas, daun salam, dan serai. Jika dihaluskan dengan food processor, tambahkan sedikit air atau minyak sayur hingga bumbu benar-benar halus.

Taruh potongan ayam juga jeroan ayam dalam panci atau wajan. Tambahkan bumbu halus dan air secukupnya (hingga ayam terendam air). Kemudian masak dengan api sedang hingga bumbu meresap dan air habis.

Jika memakai ayam negeri, kurangi air karena ayam negeri akan mengeluarkan banyak air dan lemak. Sebaliknya jika memakai ayam kampung, bisa ditambahkan lebih banyak air karena perlu waktu memasak lebih lama hingga ayam lunak.

Dinginkan ayam berbumbu lalu taruh ayam dalam wadah bertutup dan simpan di lemari es. Jika ingin disimpan lebih dari seminggu, taruh dalam freezer. Saat akan dimasak, keluarkan beberapa jam di suhu ruangan hingga ayam lumer.

2. Bumbu Ungkep Ayam Goreng Rempah
100 gr ayam negri/jantan dengan tulang, 20 gr bawang merah, 30 gr bawang putih, 5 gr garam, 2 lembar salam, 80 gr lengkuas parut, 30 gr jahe, 20 gr ketumbar, 100 ml air, 20 gr kunyit, Minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat:
Haluskan bumbu kemudian tumis dengan minyak sampai harum. Tambahkan daun salam dan masukkan potongan daging ayam.
Aduk, tambahkan air dan garam kemudian masak sampai matang.

Pastikan airnya sudah mengering dan matang sempurna. Kemudian simpan di lemari es jika sudah tidak panas untuk stok menu sahur dan menu buka puasa.

3. Bumbu Ungkep Ayam Penyet
1 ekor ayam jantan, potong menjadi 4 bagian, 750 ml air kelapa, 1 lembar daun salam, 1 cm lengkuas, memarkan, 1 batang serai, memarkan.
Haluskan:
5 butir bawang merah,3 siung bawang putih, 2 butir kemiri, ½ sdt merica butiran, ½ sdt ketumbar, 2 cm kunyit, 2 sdt garam.
Sambal:
1 buah jeruk limau, 50 g mangga muda, serut halus.
Haluskan:
5 buah cabai merah keriting, 3 buah cabai rawit merah, ½ sdt terasi goreng, 1 sdt garam, 1 butir tomat hijau.

Pelengkap:
lalapan segar
Cara Membuat:
Rebus air kelapa bersama bumbu halus, daun salam, lengkuas dan serai hingga ayam empuk dan kuahnya habis. Angkat ayam dan tiriskan. Simpan ayam ungkep untuk menu sahur dan menu buka puasa. (dtf/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments