Kamis, 14 Nov 2019
  • Home
  • Kuliner
  • 8 Cara Goreng Telur Enak yang Cocok untuk Pecinta Telur

8 Cara Goreng Telur Enak yang Cocok untuk Pecinta Telur

admin Minggu, 21 April 2019 15:42 WIB
Menggoreng telur tak sekadar diceplok atau didadar saja. Ada ide membuat olahan telur goreng yang bisa jadi pilihan para pencinta telur.

Telur banyak digemari masyarakat Indonesia, terlebih olahan telur goreng seperti telur dadar atau telur ceplok alias mata sapi. Biasanya tipe dan tingkat kematangan telur favorit setiap orang berbeda-beda. Banyak yang menyukai telur dengan kuning yang matang seluruhnya atau setengah matang hingga memberikan sensasi lembut.

Tetapi tingkat kematangan telur harus disesuaikan dengan hidangan apa yang mendampinginya. Karenanya Anda harus menguasai metode-metode menggoreng telur berikut agar selalu mendapatkan hasil yang sempurna. Dikutip dari Plated (12/4), inilah ide menggoreng telur yang bisa kamu coba.

1.Telur goreng minyak zaitun
Menggoreng telur ceplok dengan minyak zaitun yang banyak akan memberikan hasil telur yang garing pada pinggirannya, namun lembut bagian putih dan kuningnya. Untuk membuat telur goreng ini, siapkan wajan kecil dan panaskan selama beberapa menit dengan api besar. Kemudian tuangkan minyak zaitun hingga menutupi seluruh permukaan wajan. Tunggulah hingga minyak sangat panas.

Setelah itu pecahkan telur dan tuangkan dalam mangkuk. Selanjutnya taruh di wajan panas. Taburi garam dan lada secukupnya. Agar matang merata, ketika putih telur terlihat sudah setengah matang, miringkan wajan kemudian ambil dan tuangkan kembali minyak panas ke bagian atas telur dengan sendok.

2.Telur goreng brown butter
Jika menggoreng telur dengan brown buttter hasil yang didapatkan akan lebih gurih dan garing di pinggirannya. Jenis telur goreng seperti ini sangat lezat dan cocok untuk sarapan.

Cara membuatnya sama seperti menggoreng dengan minyak zaitun. Bedanya, ketika mentega cair dan panas, segeralah tuangkan telur ke wajan. Setelah putih telur hampir matang, baliklah telur dan diamkan hingga matang. Setelah matang, tuangkan juga mentega yang telah terkaramelisasi bersama telur ke piring saji.

3.Telur goreng super mudah
Metode ini sudah digunakan sejak lama dan masih digunakan hingga sekarang untuk kebutuhan memasak yang cepat. Telur cukup digoreng dengan mentega dan ditunggu hingga matang sesuai tingkat kematangan yang diinginkan. Meskipun mudah, metode ini memerlukan perhatian yang lebih lama dari dua metode diatas.

Cara membuat, panaskan wajan dengan api sedang dan berikan sedikt butter. Masak telur hingga putihnya mengeras dan mudah dibalik dengan spatula. Balik dan tunggu hingga matang selama 30 detik sampai 1 menit. Semakin sering Anda menggunakan metode ini, semakin mudah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membalik dan mengangkat telur.

4.Telur steam-fried
Dengan metode steam-fried, putih telur akan matang secara keseluruhan namun tidak keras dan kuningnya akan sangat lembut. Cara membuat: Panaskan wajan dengan api sedang selama beberapa menit. Kemudian tambahkan butter atau minyak. Pecahkan telur dan sisihkan di mangkuk.

Ketika minyak sudah panas, tuangkan telur dan berikan bumbu. Setelah setengah matang, tuangkan satu sendok teh air dan tutuplah wajan selama 30 detik hingga 11 menit. Tambahan air akan menciptakan uap yang membantu pematangan telur tanpa perlu membalikkannya.

5.Telur deep-fried
Telur yang dimasak dengan metode deep fry yang terkenal adalah Scotch Egg. Sajian ini merupakan telur rebus dengan balutan daging yang digoreng. Cara membuat: rebus telur selama 6 menit. Kemudian kupas dan sisihkan. Siapkan daging giling atau sosis cincang dan aduk dengan tepung roti dan tambahan bumbu. Baluri telur rebus dengan adonan daging gingga tebal dan goreng dalam minyak panas yang banyak hingga coklat keemasan.

6.Sunny-side up
Telur yang dimasak hingga putih dan kuningnya terlihat terang sempurna sungguh banyak disukai. Selain lezat, telur sunny-side up juga sangat cantik disajikan dengan hidangan. Cara membuat: panaskan wajan anti lengket dengan api yang sangat kecil.
Perlu diingat bahwa wajan yang digunakan harus anti lengket agar tidak gagal. Pecahkan telur dan masukan ke dalam mangkuk kecil, kemudian tuangkan ke wajan. Beri bumbu sesuai selera. Tidak perlu besarkan api, dan tunggulah telur matang selama lima menit.

7. Telur goreng dalam roti
Mungkin Anda sangat tergiur ketika melihat olahan selembar roti yang diisi telur di tengahnya. Tidak perlu ke restoran yang mewah untuk menyantapnya, karena Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat:, siapkan selembar roti tawar dan lubangi tengahnya. Panaskan wajan dengan api sedang dan tambahkan butter secukupnya. letakan roti di atas wajan dan pecahan telur kedalam lubang di tengah roti. bumbui dengan garam dan lada, kemudian masak selama satu menit. Setelah itu, balik roti dan telur agar matang kedua sisinya.

8. Telur goreng oven
Memasak telur goreng menggunakan oven membutuhkan ketelitian. Anda tidak boleh meninggalkan telur meskipun sudah menggunakan timer. Keuntungannya adalah Anda dapat memasak beberapa telur dalam satu kali proses. Cara membuat: Panaskan oven dengan suhu sekitar 204 C. Pecahkan telur ke atas wajan dan taburkan bumbu secukupnya. Masukan ke dalam oven dan masak selama 2 hingga 3 menit hingga kuning telur mulai matang. (detikfood/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments