Sabtu, 14 Des 2019
  • Home
  • Kriminal
  • Tim Pegasus Polrestabes Medan Tembak Tersangka Begal

Tim Pegasus Polrestabes Medan Tembak Tersangka Begal

admin Rabu, 20 Maret 2019 17:07 WIB
SIB/Roy Surya Damanik
BEGAL SADIS DITEMBAK: Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH SIK MSi didampingi Kasat Reskrim AKBP Putu Yudha Prawira menginterogasi tersangka begal sadis berinisial Yusalias alias Rizal yang ditembak kaki kirinya, di Mapolrestabes, Senin (19/3).
Medan (SIB)-Tim Penanganan Gangguan Khusus (Pegasus) Sat Reskrim Polrestabes Medan menembak kaki kiri pelaku begal berinisial Yus alias Rizal (32) warga Jalan Alfaka IV Lingkungan IV Kelurahan Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli, Minggu (18/3) malam.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH SIK MSi didampingi Kasat Reskrim AKBP Putu Yudha Prawira dalam keterangan persnya di Mapolrestabes, Senin (19/3) sore menjelaskan, aksi pembegalan (perampokan) yang dilakukan tersangka terhadap korbannya, Fakhri Husaini (24) warga Jalan Aluminium I Gang Asbes Lingkungan XVII Kelurahan Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli terjadi pada Rabu 30 Mei 2018.

"Rabu sekira pukul 21.50 WIB, korban yang berprofesi sebagai driver Gojek sedang berhenti di Jalan Cemara Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang untuk melihat aplikasi di handphonenya. Tiba-tiba dari belakang ada seorang pria (tersangka -red) memanggilnya, sehingga Fakhri menoleh ke belakang," ungkapnya.

Yus alias Rizal sambung Dadang, menghampiri korban sembari memintanya diantarkan ke rumahnya untuk mengambil dompet dengan alasan ban sepedamotornya bocor. Korban yang tak curiga membonceng tersangka menuju rumahnya.

"Saat melintas di Jalan H Anif Desa Sampali, tersangka meminta korban menghentikan laju sepedamotornya. Tiba-tiba tersangka mencekik dan menikam leher sebelah kanan korban dengan pisau. Dalam kondisi terluka, korban berupaya melepaskan cekikan tersebut dengan menjatuhkan diri bersama sepedamotornya," ujarnya.

Lanjut Kapolrestabes, tersangka tidak berhenti sampai di situ, Yus alias Rizal kembali menikam kaki, tangan serta dada kanan dan kiri korban hingga tersungkur ke jalan. Korban yang tak berdaya dan mendapat 11 tikaman di tubuhnya berupaya berdiri sembari berteriak minta tolong, namun sia-sia lantaran lokasi sepi dan gelap gulita.

"Tersangka selanjutnya melarikan sepedamotor dan HP milik korban. Tak lama warga yang melintas di lokasi membawa korban ke RS Imelda guna mendapat perawatan medis. Keluarga korban juga melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Percut Sei Tuan," terangnya.

Masih kata Kombes Dadang, Tim Pegasus Sat Reskrim Polrestabes Medan yang mendapat informasi tersebut langsung mengambil alih kasusnya serta melakukan penyelidikan. Beberapa hari kemudian petugas berhasil membekuk seorang pria yang membeli sepedamotor milik korban. Dari hasil interogasi, petugas mengungkap identitas tersangka begal tersebut.

"Tersangka sudah 10 bulan DPO dan terus kita kejar. Terakhir tersangka diketahui bersembunyi di Aceh, dan Tim Pegasus melakukan pengejaran namun tersangka berpindah-pindah untuk bersembunyi," katanya.

Diungkapkan Kapolrestabes, Minggu malam Tim Pegasus mendapat informasi bahwa Yus alias Rizal berada di Jalan Alfaka IX. Kanit Ekonomi AKP Rafles Marpaung bersama anggotanya kemudian menuju lokasi dan berhasil membekuk tersangka yang tengah mengendarai sepedamotor. Saat diinterogasi, tersangka mengaku menyerahkan sepedamotor hasil kejahatannya kepada Yo (DPO) untuk dijual.

"Petugas kemudian melakukan pengembangan dengan membawa tersangka menunjukkan rumah Yo. Namun tersangka melakukan perlawanan dan berupaya kabur, sehingga petugas memberikan tembakan peringatan ke udara tetapi tak diindahkan. Akhirnya Tim Pegasus memberikan tindakan tegas terukur dengan menembak kaki kiri tersangka hingga rubuh," ucapnya.

Masih kata orang nomor 1 di Polrestabes Medan itu, selanjutnya petugas membawa tersangka ke RS Bhayangkara Medan untuk mendapat perawatan medis. Setelah itu tersangka diboyong ke Mako guna menjalani pemeriksaan intensif.

"Tersangka dipersangkakan pasal 365 ayat (2) ke 1E KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara," tegasnya. (A16/h)


T#gs Tim Pegasus Polrestabes Medan Tembak Tersangka Begal
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments