Rabu, 30 Sep 2020
  • Home
  • Kriminal
  • Terlibat Pencurian Kabel, Tim Reskrim Polsek Pancurbatu Tembak Pelaku

Terlibat Pencurian Kabel, Tim Reskrim Polsek Pancurbatu Tembak Pelaku

redaksisib Selasa, 14 April 2020 17:56 WIB
SIB/Dok

DIAMANKAN: Pelaku yang terlibat pencurian di PT Varse sudah diamankan di Mapolsek Pancurbatu, Senin (13/4). 

Pancurbatu (SIB)
Setelah sebelumnya menangkap tersangka BTS dan RFS dari tempat terpisah, Reskrim Polsek Pancurbatu berhasil menciduk AP (41) warga Dusun II, Desa Namoriam, Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deliserdang, Minggu (12/4) sekira pukul 01.00 WIB, terkait kasus pencurian di PT Varse, Desa Pertampilen, Pancurbatu.

Saat melakukan penangkapan terhadap tersangka ini, petugas terpaksa melepaskan tembakan terarah dan terukur ke bagian kaki kanan tersangka, setelah sebelumnya melepaskan tembakan peringatan ke udara, karena mencoba melarikan diri.

Selanjutnya, tersangka dibawa ke RSU Bayangkara Medan untuk mengeluarkan proyektil peluru yang bersarang di kakinya, lalu diamankan ke Mapolsek Pancurbatu. Data yang diterima dari kepolisian, Senin (13/4) siang, penangkapan terhadap tersangka AP berdasarkan hasil pengembangan dari ditangkapnya dua tersangka sebelumnya.

Dimana sebelumnya, petugas menerima laporan dari Dani Emisma Sembiring SSI APT (51) warga Jalan Gatsu No 184 C, Sei Putih, selaku pemilik PT Varse. Dalam keterangannya, si pelapor mengatakan, peristiwa pencurian itu terjadi, Rabu 30 Oktober 2019 sekira pukul 08.30 WIB.

Dari lokasi perusahaan yang bergerak di bidang Farmasi ini, kawanan pencuri berhasil menggasak 25 meter kabel listrik diameter 5 cm senilai Rp30 juta. Menindak-lanjuti laporan tersebut, Tim Reskrim Polsek Pancurbatu kemudian melakukan penyelidikan dan olah tempat kejadian perkara termasuk memeriksa sejumlah saksi.

Beberapa bulan kemudian, petugas berhasil meringkus tersangka BTS dan RFS dari tempat dan waktu berbeda. Dan dari hasil penangkapan terhadap kedua tersangka ini, petugas terus melakukan pengembangan. Upaya Tim Reskrim yang langsung dipimpin Kapolsek Pancurbatu AKP Dedy Dharma SH ini pun membuahkan hasil.

Buktinya, tersangka AP yang juga ikut membantu aksi pencurian tersebut berhasil dibekuk dari tempat persembunyiannya kawasan Desa Durin Simbelang, Pancurbatu, Minggu (12/4) kemarin. Petugas pun terpaksa melumpuhkan tersangka dengan cara menembak kaki kanannya, karena berusaha melarikan diri saat akan ditangkap.

AKP Dedy Dharma SH mengatakan, tersangka AP ditangkap terkait keterlibatannya dalam sindikat pencurian kabel di PT Varse. "Dari data yang kita miliki, tersangka ini juga pernah ditangkap terkait kasus pemerasan. Dan dari pengakuannya, kalau uang hasil kejahatan itu digunakan untuk berjudi dan foya-foya. Usai kita periksa secara intensif, tersangka kita jebloskan ke sel tahanan, menunggu berkasnya dilimpahkan ke kejaksaan," ujarnya. (M17/d)
T#gs AKP Dedy Dharma SHPancurbatuPencurian KabelTembak Pelakukriminal
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments