Sabtu, 04 Apr 2020

Tekab Tembak 3 Tersangka Spesialis Curanmor

Jumat, 28 Februari 2020 15:11 WIB
Foto SIB/Roy Surya Damanik

TERSANGKA CURANMOR DITEMBAK: Kanit Ranmor Sat Reskrim Polrestabes Medan, AKP Bambang Gunanti Hutabarat menginterogasi ketiga tersangka spesialis curanmor yang ditembak Tekab di kedua kakinya, masing-masing dengan inisial MAD, TA daj DF alias Godek, di Mapolrestabes, Kamis (27/2).

Medan (SIB)
Tekab Unit Ranmor Sat Reskrim Polrestabes Medan menembak 3 tersangka spesialis curanmor di kedua kakinya masing-masing.
Ketiga tersangka yang ditangkap dari 2 lokasi berbeda itu berinisial MAD (25), warga Pasar V Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang dan TA (19) warga Jalan AR Hakim, Kecamatan Medan Area serta DF alias Godek (25) , warga Pasar V Tembung Gang Salak.

Kasat Reskrim Polrestabes Medan AKBP Maringan Simanjuntak melalui Kanit Ranmor AKP Bambang Gunanti Hutabarat kepada wartawan, Kamis (27/2) siang mengatakan penangkapan terhadap MAD dan TA berawal dari adanya laporan korban Angga Syahputra (24), warga Jalan Medan-Batang Kuis Dusun XIV Desa Bandar Klippa, Kecamatan Percut Sei Tuan yang tertuang di Nomor: LP/106/K/I/2020/SPKT Percut, Tanggal 13 Januari.

"Dalam laporannya, Sabtu (11/1) malam korban mengendarai sepedamotor Honda Vario 125 warna hitam menuju klinik di Jalan Pasar II Datuk Kabu Desa Bandar Klippa untuk cek kesehatan. Setibanya di lokasi, korban memarkirkan sepedamotornya di depan klinik, lalu masuk ke dalam," ujarnya.

Usai cek kesehatan, sambungnya, korban yang berniat pulang, sontak terkejut lantaran sepedamotornya raib. Korban kemudian melapor ke Polsek Percut Sei Tuan. Laporan korban kemudian diambil alih Tekab Ranmor guna kepentingan penyelidikan serta melakukan cek TKP.

"Dari lokasi petugas menyita rekaman CCTV guna kepentingan penyelidikan. Setelah diselidiki, petugas mengungkap identitas kedua tersangka. Sabtu (22/2) dini hari Tekab berhasil membekuk kedua tersangka TA dan MAD dari salah satu rumah di Kota Medan," terangnya.

Lanjut Bambang, petugas memboyong tersangka untuk pengembangan mencari barang bukti. Namun kedua tersangka mencoba melawan dan berusaha kabur, sehingga petugas melepaskan tembakan peringatan, namun tidak diindahkan. Akhirnya Tekab memberikan tindakan tegas terukur dengan menembak kedua kaki para tersangka hingga rubuh.

"Kedua tersangka kemudian dibawa ke RS Bhayangkara Medan untuk mendapat perawatan medis, setelah itu diboyong ke Mako guna diperiksa intensif. Dari pengakuan tersangka, mereka sudah belasan kali mencuri sepedamotor. Modusnya sama saat beraksi, yaitu dengan merusak kunci kontak sepedamotor dengan kunci leter T," ungkapnya.

Masih, kata Kanit Ranmor, pada kasus kedua juga dari hasil tindaklanjut laporan dari korban Siti Mariani, warga Jalan Menteng Raya Gang Benteng, Kecamatan Medan Denai yang tertuang di Nomor: LP/119/K/II/2020/SPKT Medan Area, Tanggal 17 Februari 2020.

"Senin (17/2) sekira pukul 05.00 WIB, korban baru bangun tidur dan dia menemukan pintu pagar rumah dalam keadaan terbuka. Saat di cek,sepedamotor korban yang diparkir di teras rumah telah raib. Korban pagi itu juga melapor ke Polsek Medan Area. Polsek lalu berkoordinasi dengan Tekab Ranmor. Selanjutnya, petugas melakukan penyelidikan di lokasi kejadian," katanya.

Lebih lanjut, kata Kanit, dari hasil penyelidikan petugas mengungkap identitas tersangka pencurian sepedamotor itu. Sabtu (22/2) sekira pukul 03.30 WIB, Tekab Ranmor membekuk DP alias Godek di satu rumah Kecamatan Medan Kota. Saat diinterogasi, tersangka mengaku saat beraksi bersama seorang temannya.

"Tersangka dibawa untuk menunjukkan tempat tinggal rekannya. Tetapi tersangka melawan dan langsung kabur sehingga petugas melepaskan tembakan peringatan ke udara, namun tidak diindahkan. Tidak ingin buruan kita kabur, Tekab melakukan tindakan tegas terukur dengan menembak kedua kaki tersangka sampai rubuh," ungkapnya.

Bambang melanjutkan, tersangka dibawa ke RS Bhayangkara Medan guna mendapat perawatan medis, setelah itu digiring ke Mako untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Diakui tersangka, jika dia dan rekannya sudah belasan kali mencuri sepedamotor. Kasusnya masih kita kembangkan untuk memburu rekan tersangka serta mencari barang bukti hasil kejahatan," pungkasnya.(M16/c)


T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments