Senin, 22 Apr 2019
  • Home
  • Kriminal
  • Sel Napi Kasus Narkoba Dirazia, Kalapas Temukan 83 Gram Sabu

Sel Napi Kasus Narkoba Dirazia, Kalapas Temukan 83 Gram Sabu

admin Sabtu, 09 Februari 2019 11:53 WIB
SIB/Usni Pili Panjaitan
SERAHKAN : Kepala KPLP Lapas Klas IIB Tanjungbalai Asahan Monang Saragih diabadikan saat tersangka dan barang bukti sabu diserahkan ke Polres Tanjungbalai, Kamis (7/2) malam.
Tanjungbalai (SIB) -Sel narapidana kasus narkoba dirazia, Kamis (8/2) sekira pukul 18.15 wib. Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Tanjungbalai Asahan, Jayanta menemukan 83 gram sabu.

Penemuan barang haram narkoba jenis sabu, seberat 83 gram dari dalam pipa kaki rak plastik tempat cabai, berawal dari razia rutin di setiap kamar para tahanan Lapas Klas IIB Tanjungbalai Asahan.

Razia yang dipimpin Kalapas, Jayanta bersama Kepala KPLP, Monang Saragih dan jajarannya, menyisir seluruh kamar tahanan dan narapidana. Saat petugas memeriksa kamar 1 blok E yang dihuni tahanan kasus narkoba, mencurigai satu rak tempat penyimpanan cabai. Hasilnya mengejutkan, petugas menemukan 13 bungkus plastik transparan berisi serbuk putih diduga sabu.

Atas temuan itu, seluruh penghuni kamar yang berjumlah 28 orang diperiksa petugas Lapas bersama Sat Res Narkoba Polres Tanjungbalai, di ruang pemeriksaan Lapas Klas IIB Tanjungbalai Asahan. "Kita langsung koordinasi dengan Polres. Seluruh penghuni kamar tersebut diperiksa. Empat orang napi yang diperiksa mengaku sabu tersebut milik tersangka MS alias Ationg,"ujar Kalapas didampingi Kepala KPLP, kepada SIB, Jumat (8/2) membenarkan.

Keempat saksi narapidana (Napi) penghuni kamar 1 blok E, yakni Rahadian Syahputra, Aswan Nasution, Muhammad Taufik, Irwansyah Tanjung mengaku melihat tersangka Ationg memasukkan 13 paket sabu, terdiri dari 1 bungkus plastik sedang berisi 42,14 gram dan 12 bungkus berisi 41,10 gram ke dalam pipa kaki rak tempat cabai.

"Ationg tetap membantah keterangan keempat saksi, tidak mengaku sabu itu miliknya. Sementara tindaklanjut pengungkapan kasusnya sudah kita serahkan ke Polres Tanjungbalai malam itu juga. Sejak awal saya mimpin sudah ingatkan jangan ada coba-coba berhubungan dengan narkoba apalagi menjualnya, saya sikat siapapun orangnya, "kata Jayanta menegaskan komitmennya dalam mewujudkan Lapas Klas IIB Tanjungbalai Asahan bebas narkoba.

MS alias Ationg narapidana kasus narkoba ini sudah 6 bulan menjalani hukuman penjara. Sebelumnya PN Tanjungbalai menjatuhkan vonis 4 tahun 2 bulan penjara terhadap tersangka narkoba ini.

Kasat Res Narkoba AKP Adi Haryono, kepada SIB, Jumat (8/2), menyatakan, tersangka masih dalam pemeriksaan intensif terkait penemuan 83 gram sabu dari dalam kamar tempat tersangka ditahan.

"Tersangka membantah sabu itu miliknya, namun berdasarkan keterangan saksi-saksi ada yang melihat tersangka sedang membungkus sabu dalam paket kecil, malam hari sebelum penangkapan,"ujar Adi menambahkan pihaknya sedang mengembangkan kasus yang diduga melibatkan jaringan peredaran narkoba.(E08/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments