Kamis, 04 Jun 2020
PDIPSergai Lebaran
  • Home
  • Kriminal
  • Sat Narkoba Polrestabes Medan Ringkus 3 Bandar Narkoba

Sat Narkoba Polrestabes Medan Ringkus 3 Bandar Narkoba

* 2,1 Kg Sabu Disita
Redaksisib Selasa, 28 Januari 2020 14:12 WIB
SIB/Roy Surya Damanik

BANDAR NARKOBA: Wakasat Narkoba Polrestabes Medan AKP Dolly Nainggolan didampingi Kanit 3 Idik AKP Hardiyanto menginterogasi ketiga bandar narkoba berinisial AW, FFS dan AA, serta memperlihatkan barang bukti 2,1 Kg sabu di Mapolrestabes, Senin (27/1). 

Medan (SIB)
Personel Satres Narkoba Polrestabes Medan meringkus 3 bandar narkoba dari lokasi berbeda, masing-masing berinisial AW (25), warga Pasar V Marelan Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, FFS (21), warga Jalan Marelan I Pasar IV Barat Kelurahan Terjun dan AA (30) warga Jalan Medan-Banda Aceh Desa Alur II, Kecamatan Langsa Baru.

Kasat Narkoba Polrestabes Medan AKBP Sugeng Riyadi melalui Wakasat AKP Dolly Nainggolan yang didampingi Kanit 3 Idik AKP Hardiyanto kepada wartawan, Senin (27/1) sore mengatakan penangkapan para tersangka bermula adanya laporan dari masyarakat.
"Dengan adanya informasi tersebut, Senin (20/1) sekira pukul 20.00 WIB, Kanit 3 Idik bersama anggotanya melakukan penyelidikan di lokasi dan petugas melihat seorang pria yang gerak-geriknya mencurigakan," ujarnya.

Petugas Satres Narkoba sambung Wakasat, langsung menangkap pria inisial AW tersebut. Selanjutnya, petugas menggeledah plastik hitam yang dibawa tersangka. Alhasil, petugas menemukan 8 bungkus plastik putih berisi sabu seberat 1,7 Kg (1700 gram) dan timbangan elektrik.

"Tersangka berikut barang bukti selanjutnya diboyong ke Mako Sattes Narkoba Polrestabes Medan untuk penyidikan selanjutnya," terangnya.

Lanjut Dolly, pengungkapan narkoba kedua, Jumat (24/1) sekira pukul 02.30 WIB. Ketika itu petugas Satres Narkoba juga menerima informasi dari masyarakat di Jalan Pala X Perumnas Simalingkar Desa Simalingkar A, Kecamatan Pancurbatu ada seorang pria sedang bertransaksi narkoba.

"Petugas kemudian melakukan penyelidikan di lokasi. Sesampainya di tujuan petugas meringkus FFS lantaran gerak-geriknya tampak mencurigakan. Saat digeledah, dari saku celana tersangka disita sabu seberat 200 gram. Saat diinterogasi, FFS mengaku memeroleh sabu tersebut dari AA," ungkapnya.

Masih dikatakan AKP Dolly, saat itu petugas langsung melakukan pengembangan terhadap tersangka lainnya. Tidak makan waktu lama, petugas berhasil membekuk AA di Jalan Kapuas Kelurahan Sei Sikambing B, Kecamatan Medan Sunggal. Dari tangan AA disita 2 bungkus plastik berisi sabu seberat 200 gram. Tersangka dan barang bukti diboyong ke Mako guna pemeriksaan intensif.

"Total keseluruh barang bukti yang disita dari ketiga tersangka mencapai 2,1 Kg. Para tersangka dijerat dengan pasal 114 ayat (2) yo 111 ayat (2) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman pidana mati atau penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun dan denda maksimum Rp 10 miliar," katanya dengan tegas.

Masih diungkapkan Wakasat, dari pengakuan AW sabu tersebut diperolehnya dari narapidana yang kini masih mendekam di rumah tahanan (Rutan).

"Pengendali narkoba ada di dalam Rutan, dan kita masih mengembangkannya. AW mengaku sudah 8 kali mengantar narkoba ke pemesannya," pungkasnya sembari menambahkan para tersangka merupakan bandar narkoba jaringan internasional. (M16/c)
T#gs
LebaranDPRDTebing
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments