Senin, 20 Jan 2020
  • Home
  • Kriminal
  • Polrestabes Medan Ringkus DPO Penyerang Warga Lahan Garapan Selambo

Polrestabes Medan Ringkus DPO Penyerang Warga Lahan Garapan Selambo

Senin, 12 November 2018 14:54 WIB
SIB/Dok
DIAMANKAN: Tersangka PM yang berstatus DPO serta otak pelaku penyerangan dan perusakan rumah warga di lahan garapan Jalan Selembo Ujung Desa Amplas, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang, diamankan di Mako Sat Reskrim Polrestabes Medan, Minggu (11/11).
Medan (SIB)- Personil Sat Reskrim Polrestabes Medan meringkus PM (45) warga Desa Marindal 2, Kecamatan Patumbak, Delisersang yang diduga merupakan otak  pelaku penyerangan dan perusakan rumah milik warga di lahan garapan Jalan Selambo Ujung Desa Amplas, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang, Minggu (11/11) sekira pukul 03.00 WIB.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH SIK MSi melalui Kasat Reskrim AKBP Putu Yudha Prawira membenarkan adanya penangkapan terhadap PM yang sudah ditetapkan sebagai DPO sejak 27 September lalu. Dijelaskan Kasat, penangkapan terhadap tersangka dipimpin Kabag Ops Polrestabes Medan AKBP Igede Nakti, Kasat Sabhara AKBP Sony Siregar, Wakasat Reskrim Kompol Roni, Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol Faidil Zikri, personil Reskrim dan Sat Sabhara.

"Tersangka diringkus di tempat persembunyiannya di lahan garapan Keramat Kuda/Jermal 15 Ujung, Kecamatan Percut Sei Tuan. Selanjutnya tersangka diboyong ke Mako guna menjalani pemeriksaan intensif," ujar Putu.

Dijelaskan, sebelumnya tersangka sudah dilaporkan terkait  aksi  PM dan anggotanya, di antaranya Nomor: LP/2117/IX/2018 /Restabes Medan, Tanggal 27 September 2018, yang korbannya bernama Posmawati boru Girsang dan Nomor: LP/2115/IX/2018/Restabes Medan, korbannya Susun Sihombing. Tersangka dan rekan-rekannya dilaporkan karena melakukan pengrusakan rumah bersama-sama.

"Tersangka dijerat dengan pasal 406 yo 170 KUHP tentang TP pengrusakan secara bersama-sama. Saat ini kasusnya masih kita kembangkan guna meringkus pelaku lainnya," tegas Kasat.

Sebelumnya, seratusan pria dengan menggunakan berbagai jenis senjata tajam melakukan penyerangan dan pengrusakan di pemukiman warga lahan garapan Jalan Selambo Ujung Desa Amplas, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang, Sabtu (27/9) malam.

Informasi yang dihimpun wartawan SIB di lokasi, sebelumnya warga sedang di dalam rumahnya masing-masing lantaran hari sudah gelap. Tiba-tiba seratusan pria yang dipimpin PM sembari menenteng berbagai jenis senjata di antaranya klewang, samurai, tombak dan mercon langsung mendatangi pemukiman warga.
Sejumlah warga sekitar yang melihat kerumunan para pelaku langsung berteriak minta tolong. Seketika puluhan warga yang terdiri dari kaum pria, wanita, remaja dan anak-anak berhamburan keluar rumah guna menyelamatkan diri ke daerah kegelapan malam. Para pelaku menyebar guna mengejar warga serta merusak sejumlah rumah. Akibatnya situasi di lokasi mencekam lantaran dikuasai para pelaku.

Tak lama, seratusan pasukan dari Sat Sabhara, Reskrim, Intelkam Polrestabes Medan, Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol Faidil Zikri, Kapolsek Patumbak AKP Ginanjar dan anggotanya yang mendapat perintah dari Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH SIK MSi, tiba di lokasi dan langsung melakukan penyisiran.

Para pelaku yang mengetahui kedatangan petugas berhamburan menyelamatkan diri dan meninggalkan sejumlah senjata tajam di lokasi. Namun petugas tetap mengejar para pelaku ke arah rerumputan yang gelap gulita. (A16/c) 

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments