Selasa, 19 Nov 2019
  • Home
  • Kriminal
  • Polrestabes Medan Gempur Basis Narkoba di 4 Lokasi

Polrestabes Medan Gempur Basis Narkoba di 4 Lokasi

* 2 Pengedar dan 5 Pengguna Narkoba Dibekuk
admin Selasa, 10 September 2019 12:33 WIB
Ilustrasi
Medan (SIB) -Puluhan personil Sat Sabhara Polrestabes Medan melaksanakan Gempur Basis Narkoba (GBN) di 4 lokasi berbeda, Senin (9/9) siang hingga sore. Petugas berhasil membekuk sejumlah pengedar dan penguna narkoba.

Pantauan wartawan, Kasat Sabhara Polrestabes Medan AKBP Sony Siregar terlebih dahulu memberikan pengarahan terhadap anggotanya di Mako Sat Sabhara Jalan Putri Hijau Medan. Selanjutnya Kasat bersama puluhan personil mengendarai sepedamotor trail, mobil patroli dan truk bergerak cepat menuju Jalan Garu III Gang Sebelas.

Di satu rumah petugas langsung melakukan penggerebekan, namun rumah dalam keadaan kosong dan diduga pengedar dan pengguna narkoba sudah meninggalkan lokasi sebelum petugas tiba. Petugas selanjutnya bergerak ke Pasar VII Tembung/Jalan Nyaman, Kecamatan Percut Sei Tuan. Mengetahui kedatangan polisi, para pengedar dan pecandu narkoba langsung kabur melalui semak belukar yang berada di belakang rumah warga.

Petugas langsung melakukan pengejaran dan berhasil membekuk seorang pengguna sabu dengan ciri-ciri berambut ikal. Saat hendak digelandang ke mobil truk dengan kedua tangan diborgol, pengguna sabu tersebut berpura-pura pingsan. Petugas yang mengetahui tersangka sedang berpura-pura, langsung melakukan berbagai cara hingga pengguna narkoba itu jadi sadar seperti semula.

Sementara itu petugas lain berhasil menangkap pengedar narkoba dan menyita sejumlah plastik klip berisi sabu dan puluhan plastik klip kosong. Tersangka yang memiliki tato di lengan kirinya itu digiring petugas ke rumahnya guna dilakukan penggeledahan. Setelah digeledah, petugas tidak menemukan barang bukti lagi di rumah mantan residivis kasus narkoba tersebut.

Di kesempatan itu Kasat Sabhara mengimbau masyarakat yang sudah berkumpul di lokasi agar turut membantu pihak kepolisian dengan memberikan informasi terkait peredaran narkoba di lingkungan. Tak lama Kasat menerima kabar bahwa anggotanya butuh bantuan di Jalan Beringin Pasar VII Tembung Gang Kuini.

Selanjutnya petugas bergerak ke Gang Kuini dan mendapati petugas lain sedang mengamankan seorang pengedar dan 2 pengguna sabu dari rumah yang terdapat sejumlah mesin judi jackpot. Pengedar tersebut menolak diamankan dan berniat memprovokasi masyarakat agar terpancing. Namun sia-sia, tersangka langsung diborgol sehingga ia menangis. Para pengedar dan pengguna itu lalu diboyong ke mobil truk.

Walau hari mulai petang, puluhan petugas kembali melakukan GBN di kawasan Pasar XI Tembung Kampung Kolam. Mengetahui kedatangan petugas, sejumlah pria diduga pengedar serta pengguna narkoba keluar dari pondok yang berada di tengah perladangan dan langsung kabur. Petugas melakukan pengejaran, namun para pelaku narkoba berhasil lolos. Saat digeledah, petugas menemukan sejumlah bong.

Tak sampai di situ, petugas kembali melakukan GBN di Jalan Gardu/Jalan Medan-Batangkuis Gang Cendana Desa Sei Rotan. Dari lokasi petugas berhasil membekuk 2 pria pengguna sabu. Tersangka selanjutnya digelandang ke mobil truk.

Usai melaksanakan GBN, di depan seratusan masyarakat AKBP Sony Siregar mengatakan jika pihaknya membekuk dua pengedar dan 5 pengguna narkoba. Dari tangan para tersangka turut disita barang bukti sejumlah paket sabu siap edar yang dibungkus dengan plastik klip, satu buah senjata tajam dan puluhan plastik klip kosong.

"Kami ucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah mendukung kami. Serta memberikan informasi kepada kami sehingga dapat memberantas peredaran narkoba," katanya disambut tepuk tangan masyarakat. (M16/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments