Minggu, 22 Sep 2019

Polrestabes Medan GBN di Jalan Cahaya Medan

* 3 Tersangka Pengedar dan Seorang Pengguna Sabu Diciduk
admin Minggu, 18 Agustus 2019 13:18 WIB
SIB/Roy Surya Damanik
DIAMANKAN: Tersangka pengedar narkoba yang juga TO petugas berinisial ES diamankan petugas Satres Narkoba Polrestabes Medan di Jalan Cahaya Gang Sepakat Kampung Durian, Kecamatan Medan Timur, Jumat (16/8).
Medan (SIB) -Satres Narkoba Polrestabes Medan melaksanakan Gempur Basis Narkoba (GBN) di kawasan Jalan Cahaya Kampung Durian, Kecamatan Medan Timur, Jumat (16/8) sore.

Dalam penggerebekan itu, petugas membekuk 3 tersangka pengedar dan seorang pengguna narkoba masing-masing berinisial Sun (65) dan AM (37), keduanya warga Jalan Cahaya Gang Sepakat, MRL (21), warga Jalan Cahaya Gang Masjid serta ES (42), warga Desa Sei Rotan Gang Madrin, Kecamatan Percut Sei Tuan. Dari tangan para tersangka turut disita barang bukti sabu.

Pantauan wartawan, sebelum GBN dilakukan, Kasat Narkoba Polrestabes Medan AKBP Raphael Sandy Cahya Priambodo didampingi Wakasat Kompol Pardamean Hutahaean, Kanit Idik Iptu Ari Wibowo dan Kanit II Idik AKP Rapi Pinakri terlebih dahulu memimpin apel dan memberikan pengarahan kepada puluhan anggotanya.

Setelah itu, Kasat Narkoba dan Wakasat yang memimpin GBN langsung bergerak menuju Jalan Cahaya Gang Sepakat dan Gang Sadi dengan mengendarai sepedamotor bersama puluhan anggotanya. Selanjutnya, Raphael dan anggota melakukan penyisiran di gang serta memeriksa tubuh para pemuda di lokasi.

Dari informasi masyarakat, petugas langsung menggerebek rumah Sun. Saat dilakukan penggeledahan, dari rumah pria paruh baya tersebut ditemukan 2 plastik klip berisi sabu seberat 1,49 gram. Tersangka kemudian langsung diamankan dan keduanya diborgol. Tidak jauh dari lokasi, petugas Satres Narkoba juga menggerebek rumah AM dan langsung membekuk tersangka saat sedang tidur di kamarnya.

Dari penggeledahan di kamar, petugas berhasil menemukan barang bukti 3 plastik klip berisi sabu seberat 1,86 gram, timbangan elektrik, 1 bungkus plastik klip kosong, sendok pipet dan uang Rp 600 ribu hasil penjualan narkoba. Sementara itu, petugas lainnya membekuk MRL di Gang Sadi saat menunggu pembeli narkoba. Dari tangan tersangka turut disita 1 plastik klip berukuran sedang berisi sabu dan puluhan plastik klip kosong.

Saat kedua tangannya diborgol, tiba-tiba tersangka MRL yang ketakutan itu justru buang air besar (BAB) di celana. Selanjutnya tersangka diboyong ke Gang Sepakat. Tiba-tiba dari ujung Gang Sepakat, sejumlah pemuda yang diduga provokator berteriak ke arah petugas sehingga situasi tidak kondusif. Tidak ingin adanya perlawanan dari warga, petugas mengejar para pria itu.

Akhirnya, petugas berhasil membekuk ES yang kepergok membawa linggis. Saat hendak diamankan, tersangka berupaya melakukan perlawanan hingga akhirnya bergumul dengan petugas. Petugas mengamankan topi milik ES dan ditemukan 1 plastik klip kecil berisi sabu. Tersangka sempat berkilah, jika barang haram itu miliknya, serta mencoba kabur.

Petugas kembali bergumul dengan tersangka yang mencoba kabur. Namun, tersangka justru berpura-pura mendapat serangan jantung dan tubuhnya kejang-kejang. Petugaspun tidak terkecoh, dan langsung memborgol kedua tangan tersangka. Selanjutnya, Kasat Narkoba bersama anggotanya memboyong para tersangka ke atas sepedamotor.

Saat petugas melakukan konvoi dengan sepedamotor, warga sekitar terlihat mengapresiasi petugas. Warga juga berharap kepada petugas agar melakukan penggerebekan setiap hari di lokasi, karena warga sudah resah dengan maraknya narkoba. Kasat yang mendengar ucapan warga berjanji akan terus melakukan GBN di lokasi. Akhirnya petugas meninggalkan lokasi menuju Mako dengan membawa para tersangka guna diperiksa intensif.

Kasat Narkoba Polrestabes Medan, AKBP Raphael Sandy Cahya Priambodo didampingi Wakasat Kompol Pardamean Hutahaean yang dikonfirmasi mengatakan, saat melaksanakan GBN, pihaknya berhasil membekuk 3 pengedar dan seorang pengguna narkoba.
"Dari hasil GBN, kita juga membekuk AM yang merupakan Target Operasi (TO) yang sudah lama kita buru. Salah satu tersangka juga kita bekuk, karena mencoba melakukan provokasi. Dan ternyata dari topi tersangka ditemukan 1 paket sabu. GBN ini akan terus kita laksanakan," ujarnya.(M16/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments