Selasa, 17 Sep 2019
  • Home
  • Kriminal
  • Polda Sumut Tangkap Adik Pengusaha Galian C di Binjai yang Sempat Buron

Polda Sumut Tangkap Adik Pengusaha Galian C di Binjai yang Sempat Buron

admin Jumat, 16 Agustus 2019 11:08 WIB
Ilustrasi
Medan (SIB) -Personel Subdit IV/Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumut menangkap PT yang merupakan adik pengusaha pertambangan galian C diduga ilegal di lahan eks hak guna usaha (HGU) PTPN II Desa Tunggurono Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai. Pelaku yang sempat buron ini ditangkap di Jalan Gunung Jaya Wijaya Kelurahan Binjai Estate Kecamatan Binjai Selatan Kota Binjai, Senin (12/8) malam.

Kasubdit IV/Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumut AKBP Herzoni Saragih melalui Kanit Kompol Robert Sembiring kepada wartawan mengatakan, tersangka PT ditangkap paksa karena tidak mengindahkan surat panggilan dan sempat melarikan diri.
"Tersangka PT sempat buron karena ketika dipanggil tidak datang," ujar Kompol Robert, Kamis (15/8).

Dia mengakui kalau PT adalah adik kandung dari pengusaha galian illegal, ST yang masih buron. Dalam kasus ini PT sebagai kordinator lapangan (Korlap) di pertambangan illegal, eks HGU PTPN II Binjai itu.

"Baik PT dan ST sudah pernah diperiksa sebagai saksi namun ketika dilakukan pemanggilan kedua kali keduanya tidak datang lagi, sehingga mereka kita buron," jelasnya.

Tersangka PT, sambung Robert Sembiring, dipersalahkan melanggar pasal 158 UU RI No 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Minerba dan pasal 109 UU RI No 32 Tahun 2019 tentang Lingkungan Hidup dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara denda Rp10 miliar.

Seperti diketahui, penyidik Subdit IV/Tipidter Ditreskrimsus Poldasu dipimpin Kasubdit AKBP Herzoni Saragih dan Kanit Kompol Robert Sembiring menggerebek lokasi tambang diduga ilegal (Galian C ilegal) di lahan eks hak guna usaha (HGU) PTPN II Desa Tunggurono Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai pada Rabu (26/6).

Penggerebekan berlangsung ketika usaha tambang galian C sedang beroperasi. Dari lokasi diamankan empat unit excavator, 6 unit truk dan 11 pekerja. (M18/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments