Senin, 20 Jan 2020
  • Home
  • Kriminal
  • Nakhoda Kapal TKI Ilegal Jadi Tersangka Penyelundupan 1,37 Kg Sabu

Nakhoda Kapal TKI Ilegal Jadi Tersangka Penyelundupan 1,37 Kg Sabu

Admin Jumat, 28 Desember 2018 11:12 WIB
Tanjungbalai (SIB) -Polres Tanjungbalai menetapkan nakhoda kapal pengangkut 45 TKI ilegal dari Malaysia sebagai tersangka terkait kasus penyelundupan 1,37 Kg sabu, Kamis (27/12).

AS warga Jalan Anwar Idris Kelurahan Bunga Tanjung Kecamatan Datuk Bandar Timur Kota Tanjungbalai ditetapkan tersangka terkait penyelundupan 1.370 gram atau 1,37 Kg sabu dari Malaysia. Nakhoda kapal tanpa nama bermesin dompeng 30 itu diduga terlibat menyelundupkan sabu yang telah dikemas dalam 50 sachet susu.

Terungkapnya penyelundupan sabu berawal dari petugas Sat Polair Polres Tanjungbalai, Selasa (25/12) sekira pukul 14.30 WIB, yang berpatroli menggunakan kapal patroli Sat Polair KP ll-2027 di perairan Selat Malaka tepatnya di Kuala Sei Sembilang, Asahan.

Petugas menemukan kapal kayu mengangkut 45 TKI ilegal kandas. Curiga keberadaan kapal tersebut, lalu petugas mendekati dan ternyata ditemukan dalam kapal ukuran kecil itu puluhan manusia, tiga di antaranya masih balita.

Berdasarkan hasil pemeriksaan barang bawaan penumpang, ditemukan satu kotak berisi susu ukuran sachet kecil dan besar. Saat petugas memeriksa secara seksama, ada beberapa sachet yang isinya mencurigakan. Begitu dibuka di dalam kemasan susu ada serbuk putih yang ternyata berisi sabu.

"Kemasan ini diduga sengaja dibuat serapi mungkin agar dapat mengelabui petugas. Pelaku diduga memang sengaja mau menyelundupkan sabu ke negeri ini,"ujar Kapolres Tanjungbalai Irfan Rifai kepada SIB, Rabu (26/12) dinihari di Mako Sat Polair saat memeriksa kemasan berisi sabu.

Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai didampingi Kasat Polair AKP Agung Basuni kepada SIB, Kamis (27/12) membenarkan, AS nakhoda kapal TKI ilegal itu resmi ditetapkan tersangka. "Nakhoda sudah tersangka. Kasusnya masih dalam pengembangan," ujar Irfan.

Menurut Irfan, tersangka yang ditetapkan masih AS, dua ABK kapal J dan M sedang diperiksa. Sementara 45 TKI ilegal telah diserahkan ke Kantor Imigrasi Tanjungbalai. "Seluruh TKI ilegal yang kemarin diamankan dari Malaysia itu, sudah diserahkan ke Imigrasi," ujar Irfan. (E08/h)
Editor: Admin

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments