Minggu, 18 Agu 2019
  • Home
  • Kriminal
  • Lanal TBA Amankan 66 TKI Ilegal, Nakhoda Ditetapkan Tersangka

Lanal TBA Amankan 66 TKI Ilegal, Nakhoda Ditetapkan Tersangka

admin Jumat, 09 Agustus 2019 13:58 WIB
SIB/Usni Pili Panjaitan
KONFERENSI PERS : Komandan Lanal TBA Letkol Laut (P) Ropitno M.Tr Hanla didampingi Pasop Kapten Laut (P) Bentar Arif, menggelar konferensi pers pengungkapan penyelundupan 66 TKI ilegal, Kamis (8/8) di Mako Pomal Tanjungbalai.
Tanjungbalai (SIB) -Pangkalan TNI AL Tanjungbalai Asahan (Lanal TBA) gelar konferensi pers dengan sejumlah wartawan terkait pengamanan 66 TKI ilegal, Kamis (8/8) petang di Mako Pomal Tanjungbalai.

Komandan Lanal TBA, Letkol Laut (P) Ropitno M Tr Hanla didampingi Pasop Kapten Laut (P) Bentar Arif mengatakan, sebanyak 66 orang TKI ilegal yang diamankan terdiri dari 2 balita, 7 wanita dan 52 pria dewasa.

"Seluruh TKI ilegal ini sudah kita periksa baik badan maupun barang bawaan. Namun kita tidak menemukan barang terlarang seperti narkoba, senjata api dan barang terlarang lainnya," ujar Ropitno.

Setelah diperiksa seluruh TKI ilegal akan diserahkan ke Kantor Imigrasi Tanjungbalai. "Namun nakhoda kapal dan dua ABK masih kita periksa, nakhoda kita tetapkan tersangka sedangkan kedua ABK kapal sebagai saksi," kata Ropitno.

Nakhoda kapal kayu tanpa nama GT 6 yang ditetapkan tersangka berinisial HI (30) warga Dusun VII Desa Danau Sijabut Kecamatan Air Batu, Asahan. Kedua ABK yang jadi saksi, yakni S (29) warga Dusun VI Desa Sijabut Kecamatan Air Batu, Asahan dan A (42) selaku KKM warga Desa Sei Apung Kecamatan Tanjungbalai, Asahan.

Ketiganya diamankan kapal Patkamla SSU I-I-54 Lanal TBA, Rabu (7/8) sekira pukul 13.30 WIB di Perairan Tanjung Barombang atau tepatnya pada koordinat 0251'07" U - 10003'40" T.

"Nakhoda ini kita jadikan tersangka atas dugaan pelanggaran UU No.17 Tahun 2008 tentang Pelayaran dan UU Ketenagakerjaan. Karena nakhoda tidak dilengkapi dokumen resmi baik pelayarannya maupun angkutan dan surat nakhodanya," tegas Ropitno menambahkan patroli rutin merupakan komitmen TNI AL dalam menjaga dan mencegah masuknya narkoba dan barang terlarang dari luar negeri ke Indonesia, melalui jalur laut. (A08/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments