Jumat, 14 Agu 2020
  • Home
  • Kriminal
  • Kasus Pembalakan Haram di TNGL, 2 Tersangka Segera Dilimpahkan ke Kejatisu

Kasus Pembalakan Haram di TNGL, 2 Tersangka Segera Dilimpahkan ke Kejatisu

Rabu, 10 Juni 2015 11:30 WIB
Medan (SIB)- Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) segera melimpahkan berkas dan tersangka kasus pembalakan haram (ilegal logging) di TNGL ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) setelah berkasnya dinyatakan lengkap (P21).

Koordinator PPNS BBTNGL, Palber Turnip mengatakannya kepada wartawan, Selasa (9/6). Dikatakannya, kasus itu melibatkan 2 tersangka, yakni S (55), warga Kampung Barak Gajah 4, Desa Mekar Makmur, Kecamatan Sei Lepan, Langkat, selaku pemilik kayu dan MAG (43), warga Dusun Damar Itam 5, Desa Mekar Makmur, Kecamatan Sei Lepan, Langkat selaku supir.

Dikatakannya, dalam kasus ini pihaknya sudah melakukan pemeriksaan beberapa saksi dan dalam waktu dekat akan segera dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) untuk kemudian dibawa Kejaksaan Negeri (Kejari) Stabat. "Pemeriksaan kepada saksi-saksi sudah selesai, tapi belum P21, mudah-mudahan minggu ini bisa dilimpahkan," katanya di Medan.

Turnip menambahkan, dalam pengembangan kasus ini, pihaknya sudah menyita 11 keping kusen, alat ketam, chainsaw dan sisa-sisa kayu damar ilegal dari tempat usaha mebel milik S di Barak Gajah. Selain itu, pihaknya juga sudah menyita beberapa kusen jendela dari W di Pangkalan Brandan yang membelinya dari S.

Kedua tersangka dijerat pasal 12 huruf D dan E tentang mengangkut, menguasai dan memiliki hasil hutan tanpa disertai dokumen legal sebagaimana diatur dalam Undang-undang RI No 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan kerusakan hutan dengan ancaman hukuman minimal 1 tahun, maksimal 5 tahun.

Sebagaimana diketahui, Sabtu (19/4), pukul 23.00 wib, Satuan Polisi Reaksi Cepat (SPORC) BBTNGL mengamankan truk yang mengangkut 21 keping kusen jendela, pintu dan ventilasi di Desa Curai, Kecamatan Pangkalan Brandan Langkat. Petugas menangkap 4 orang, yakni S, MAG, MNB dan BS. (A18/q)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments