Rabu, 05 Agu 2020
  • Home
  • Kriminal
  • Diduga Aktor Utama, Istri Kades Buluduri Dairi Ditetapkan Tersangka

Diduga Aktor Utama, Istri Kades Buluduri Dairi Ditetapkan Tersangka

Rabu, 20 Mei 2020 10:29 WIB
forumkeadilan.com

 Kasubbag Humas Polres Dairi, Ipda Donni Saleh

Sidikalang (SIB)
Kepolisian Resort (Polres) Dairi tetapkan istri Kepala Desa Buluduri inisial MS, sebagai tersangka dugaan pemerasan terhadap penerima manfaat bantuan sosial tunai (BST) Kementerian Sosial.

MS diduga sebagai aktor utama dalam perkara dugaan tindak pidana pemerasan bantuan sosial tunai (BST) Kementerian Sosial. MS ditetapkan tersangka, Sabtu (16/5) lalu dengan sangkaan turut melakukan atau menyuruh melakukan dan atau sengaja memberi bantuan untuk melakukan pemerasan.

"MS diduga menyuruh EA untuk meminta uang dari Togu Sinaga setelah mengambil uang Rp 600 ribu dari Kantor Pos dengan mengancam bila tidak memberikan uang, akan ada masalah dengannya di desa," ucap Kapolres Dairi, AKBP Leonardo Simatupang melalui Kasubbag Humas, Ipda Donni Saleh, Selasa (19/5) di Mapolres Dairi.

Tersangka belum dilakukan penahanan. Lanjut Donni, besok MS akan dimintai keterangan. Tersangka disangkakan pasal 55 Ayat 1 Ke 1 dan pasal 56 Ke 1 KUHP dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.

Pada perkara itu, penyidik sudah menetapkan dua tersangka yaitu MS dan EA. Perkara itu atensi pimpinan, sehingga dalam waktu dekat akan ada penambahan tersangka baru.

EA dan rekannya mengumpulkan uang bantuan dari penerima manfaat setelah keluar dari Kantor Pos, Senin (11/5). Kemudian setelah semua dikumpulkan, uang tersebut dibagi rata masing- masing Rp 100 ribu penerima manfaat dan yang tidak terdaftar.
Sesuai keterangan saksi, pembagian uang bantuan secara merata atas kesepakatan melalui musyawarah. Atas dugaan pemerasan itu, Satreskrim Polres Dairi menjemput 6 orang, 5 orang merupakan pembagi uang dan istri kepala desa MS, untuk dimintai keterangan.

Pada saat itu, polisi mengamankan uang Rp 12,3 juta, sisa uang yang belum dibagikan kepada warga. "Uang tersebut akan dikembalikan kepada warga yang namanya terdaftar sebagai penerima BST," ucap Donni. (K05/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments