Senin, 21 Okt 2019

Dapat Perlawanan Saat GBN, Polisi Letuskan Tembakan ke Udara

7 Tersangka Narkoba Dibekuk

admin Sabtu, 31 Agustus 2019 10:24 WIB
SIB/Roy Surya Damanik
GBN: Petugas Satres Narkoba Polrestabes Medan membekuk sejumlah tersangka pengedar dan pengguna narkoba saat melakukan Gempur Basis Narkoba (GBN) di Jalan Baru Gang Jawa, Kecamatan Medan Tembung, Kamis (29/8).
Medan (SIB) -Mendapat perlawanan dari warga saat Gempur Basis Narkoba (GBN) di Jalan Baru Gang Jawa, Kecamatan Medan Tembung, Kamis (29/8) sore, petugas Satres Narkoba Polrestabes Medan terpaksa beberapa kali meletuskan tembakan peringatan ke udara.

Alhasil, petugas berhasil membekuk 7 tersangka pengedar dan pengguna narkoba masing-masing berinisial MIS (23) warga Jalan Letda Sujono Gang Seram, Gs (44) dan ZM (30) warga Jalan Letda Sujono Gang Surya Pancasila, Kecamatan Medan Tembung, HS (30) warga Jalan Medan-Batang Kuis, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang, BH (30) warga Jalan Baru Gang Jawa, JS (28) warga Jalan Baru Gang Jawa dan DP (31) warga Jalan Baru Gang Seram.

Pantauan wartawan, sebelum penggerebekan dilaksanakan, terlebih dahulu Kanit II Idik Satres Narkoba Polrestabes Medan AKP Rapli Pinakri didampingi Kanit I Idik Iptu Ari Wibowo memberikan pengarahan terhadap puluhan anggotanya di Mapolrestabes Medan. Setelah itu puluhan personil bergerak menuju sasaran dengan mengendarai sepedamotor.

Setibanya di lokasi, petugas langsung menyebar ke beberapa tempat yang disinyalir rawan peredaran narkoba. Saat di Jalan Baru Gang Jawa, petugas mencurigai seorang pria yang sedang berusaha masuk ke dalam rumah. Saat itu juga petugas langsung mengamankan pria berinisial BH. Namun tersangka berontak dan membuang susuatu ke atas seng rumah warga. Petugas mengamankan benda yang ternyata dompet warna coklat berisi 1 plastik klip sedang dan puluhan plastik klip berisi sabu.

Tiba-tiba BH berusaha melarikan diri sembari berteriak minta tolong agar warga terprovokasi. Beberapa keluarga tersangka juga ikut-ikutan berteriak agar mengundang warga lainnya. Akhirnya petugas langsung memborgol tangan tersangka dan memboyongnya ke dalam mobil.

Sementara petugas lainnya menggerebek satu rumah di Gang Seram dan mendapati 3 pria berinisial Gs, ZM dan HS. Saat dilakukan penggeledahan, dari saku celana Gs disita 1 plastik klip berukuran sedang berisi sabu seberat 1,27 gram. Ketiganya kemudian digelandang ke dalam mobil petugas.

Tiba-tiba situasi menjadi heboh lantaran saat petugas lainnya membekuk MIS, JS dan DP, keluarga tersangka dan warga melakukan perlawanan agar ketiganya dilepaskan. Di saat bersamaan tiba-tiba ada beberapa kali lemparan batu ke arah petugas. Akibat situasi mulai tidak kondusif, petugas meletuskan tembakan peringatan ke udara beberapa kali. Di kesempatan itu tersangka berontak dan mencakar dada seorang petugas.

Keluarga dan warga juga menghalang-halangi petugas saat tersangka hendak diboyong ke mobil. Akhirnya petugas kembali melepaskan tembakan ke udara beberapa kali hingga warga berhamburan masuk ke dalam rumahnya masing-masing. Di kesempatan itu petugas menggeledah MIS dan ditemukan tas kecil berisi 1 paket sabu seberat 0,15 gram, timbangan elektrik, 1 kantong plastik klip dan uang Rp 55 ribu.

Sementara itu dari tangan JS dan DP disita 1 plastik klip sedang berisi sabu, 5 plastik klip kecil berisi sabu, timbangan elektrik dan 5 bungkus plastik klip kosong. Selanjutnya para tersangka berikut barang bukti digelandang petugas ke Mako guna pemeriksaan selanjutnya.

Terpisah, Kasat Narkoba Polrestabes Medan AKBP Raphael Sandy Cahya Priambodo mengatakan Gempur Basis Narkoba ini merupakan perintah langsung dari Kapolrestabes Medan.

"Kita diperintahkan untuk menggempur lokasi-lokasi rawan narkoba dan hari ini anggota kita berhasil membekuk 7 tersangka pengedar dan pengguna narkoba. Memang tadi ada perlawanan dari keluarga tersangka dan warga, namun anggota kita berhasil membuat situasi menjadi kondusif," ujarnya. (M16/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments