Senin, 21 Okt 2019
  • Home
  • Kriminal
  • 5 Pelaku Curas di Harian Samosir Terancam 12 Tahun Penjara

5 Pelaku Curas di Harian Samosir Terancam 12 Tahun Penjara

admin Selasa, 21 Mei 2019 14:34 WIB
SIB/Dok
PELAKU CURAS : Lima pelaku Curas di halaman Mako Polres Samosir Kecamatan Pangururan, Sabtu (18/5).
Samosir (SIB) -Kapolres Samosir AKBP Agus Darojat didampingi Wakapolres Samosir Kompol CH Simanjuntak, Kasat Reskrim Polres Samosir AKP J Banjarnahor, Sabtu (18/5) di halaman Mako Polres Samosir mengatakan, lima tersangka pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas), terancam hukuman 12 tahun penjara.

Dijelaskan sebelum melakukan aksinya para tersangka lebih dulu merental mobil dan selanjutnya beraksi di jalan besar Doloksanggul-Tele Kabupaten Samosir.

Menurutnya, dalam melakukan aksinya para pelaku terlebih dahulu mengidentifikasi sasarannya. Selanjutnya mereka melakukan pembuntutan dan pada saat berada di lokasi atau jalan yang sepi, para pelaku langsung memalangkan mobil yang dirental tersebut.

Dijelaskannya, yang menjadi korban para pelaku adalah Januardi (37) dan temannya Rafli (56) warga Seulayat Ulayat Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat yang berangkat dari Medan menuju Padang melalui rute Tanah Karo - Sidikalang menggunakan satu unit pick-up BA 9703 TC bermuatan pakan ikan sebanyak 35 sak.

Ketika itu, mobil korban di Jalan Besar Doloksanggul-Tele tiba-tiba dihadang satu unit mobil avanza tanpa plat nomor polisi. Kemudian para pelaku yang berjumlah lebih dari dua orang keluar dari mobil sambil memegang golok dan langsung membacok pintu kiri dan kanan mobil pick-up.

Setelah pintu mobil korban terbuka, para pelaku langsung menyeret para korban yang ketakutan ke mobil milik para pelaku, kemudian mengikat tangan serta menutup mata dan mulut kedua korban dengan lakban bewarna kuning. Selanjutnya para korban dibawa balik menuju Sidikalang.

Sepanjang perjalanan, para pelaku memaksa korban menunjukkan uang dan nomor pin ATM-nya. Karena ketakutan, kedua korban pun menunjukkan tempat uang di dalam dasboard pick-up serta pin atm-nya. Kemudian mereka singgah ke ATM terdekat untuk menggasak semua uang korban . Setelah itu, para pelaku membuang korban dalam kondisi terikat lakban di pinggir jalan kawasan PLTA Silalahi Dairi.

Sesaat kemudian lanjut Kapolres, kedua korban berhasil membuka lakban pada tangan, mulut dan matanya. Kemudian membuat laporan pengaduan ke Polsek Sumbul. Namun karena lokasi kejadian di wilayah hukum Polres Samosir. Polsek Sumbul dan Polres Samosir melakukan koordinasi untuk menangkap kelima pelaku.

"Akibat peristiwa tersebut, korban mengalami kerugian Rp 150 juta dan atas perbuatannya, kelima tersangka diancam melanggar pasal 365 ayat 1 dan 2 ke 1e dan 2e KUHPidana dengan ancaman 12 tahun penjara,"ujar Kapolres Samosir.

Diberitakan sebelumnya, personil Satuan Reskrim Polres Samosir berhasil meringkus 5 tersangka pelaku pencurian dengan kekerasaan(Curas) di sekitar jalan lintas Doloksanggul tepatnya di Baniara Desa Partukko Naginjang, Kecamatan Harian Kabupaten Samosir.

Kelima tersangka terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas di bagian kaki, karena berusaha melawan petugas dan hendak melarikan diri saat hendak ditangkap. Kelima tersangka yaitu OB (37) warga Jalan Binanga Desa Binanga Kecamatan Pegagan Hilir Kabupaten Dairi, PS (27) warga Desa Pardomuan Kecamatan Siempat Nempu Hilir Kabupaten Dairi, LS (34) warga Desa Pardomuan Kecamatan Siempat Nempu Hilir Kabupaten Dairi. SS (27) warga Desa Lingga Raja Dua Kecamatan Sumbul Pegagan Kabupaten Dairi dan SP (35) warga Jalan Setia Budi Gang Kenangan Sari Kelurahan Tanjung Sari Kecamatan Medan Selayang Kota Medan.(H05/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments