Jumat, 18 Okt 2019
  • Home
  • Komunitas
  • Tokoh-tokoh Batak Dukung Jokowi Bangun Kawasan Bona Pasogit
  • Home
  • Komunitas
  • Tokoh-tokoh Batak Dukung Jokowi Bangun Kawasan Bona Pasogit
  • Home
  • Komunitas
  • Tokoh-tokoh Batak Dukung Jokowi Bangun Kawasan Bona Pasogit

Perkumpulan Hita Marga Batak Sejabodetabek Diresmikan di Jakarta

Tokoh-tokoh Batak Dukung Jokowi Bangun Kawasan Bona Pasogit

admin Senin, 19 Agustus 2019 13:27 WIB
SIB/Victor Ambarita
Foto bersama usai peresmian Perkumpulan Hita Marga Batak (Himaba) Se-Jabodetabek dan pelantikan Pengurus Pusat Perkumpulan Himaba 2019-2022 di Sopo Marpingkir, Jakarta, Minggu (4/8).
Jakarta (SIB) -Wadah komunikasi dan interaksi marga-marga Batak, Perkumpulan Hita Marga Batak (Himaba) Se-Jabodetabek diresmikan di Sopo Marpingkir, Jakarta, Minggu (4/8).

Bersamaan itu juga dilantik Pengurus Pusat Himaba periode 2019-202 yang ditandai dengan penyerahan pataka organisasi dari Letjend TNI (P) TB Silalahi (Dewan Pembina) kepada Edwin Pamimpin Situmorang, SH, MH (Ketua Umum Himaba).

Ketua panitia Drs Yockie M Hutagalung MM memaparkan ihwal berdirinya Himaba. Menurut Yockie, dari sekitar 300 marga Batak, 150 di antaranya tersebar di Jabodetabek melalui perkumpulan-perkumpulan marga dengan wilayah kerja Jabodetabek. Masing-masing kumpulan marga tersebut beranggotakan sedikitnya 1500 kepala keluarga.

"Menyadari fakta sebagaimana tersebut di atas, maka 87 ketua umum perkumpulan marga Batak mengadakan pertemuan pada 3 Desember 2018 di Gedung Serba Guna Sejahtera Jakarta Timur. Dalam pertemuan tersebut secara aklamasi peserta sepakat membentuk suatu wadah berbadan hukum dengan nama Perkumpulan Himaba," ujar Yockie Hutagalung yang dipercayakan menjadi Ketua Dewan Penasihat PP Himaba ini.

Sementara Ketua Umum Himaba, Edwin Pamimpin Situmorang, mengutarakan Himaba ini merupakan wadah masyarakat Batak untuk berdiskusi dan menyamakan persepsi dalam menciptakan kesatuan dan persatuan untuk mencapai cita-cita bersama yaitu kesejahteraan.

"Dengan adanya kesamaan persepsi dalam masyarakat maka Himaba akan dapat berperan menjadi pionir utama dalam menata adat istiadat sesuai filosofi adat itu sendiri sehingga terdapat suatu keseragaman implementasi tanpa mengurangi esensinya," kata dia.

Menurut Edwin, Himaba menjadi wadah penyaluran aspirasi, mendahulukan perdamaian dalam segala bentuk masalah ketimbang melalui proses hukum. Ke depan Himaba diharapkan akan meningkatkan peranan masyarakat hukum adat dalam pembangunan nasional, khususnya pembangunan daerah sesuai kearifan lokal, bersatu padu menyusun program, termasuk merumuskan rencana pembangunan daerah sesuai kebutuhan daerah itu sendiri untuk kesejahteraan bersama.

"Didasari oleh pemikiran bersama, yang diwakili oleh para ketua dan sekretaris perkumpulan marga Batak yang ada di Jabodetabek, maka Himaba akan dapat menjadi wadah pemersatu dalam meningkatkan peran sertanya di dalam pembangunan," ujar mantan Jaksa Agung Muda Intelijen KejŠksaan Agung ini.

"Himaba yang dibentuk untuk kepentingan marga-marga Batak se-Jabodetabek ini dapat berjalan baik karena para ketua marga itulah sebagai stake holder dari lembaga tersebut," pungkasnya.

Sedangkan mewakili Dewan Pembina Letjen TNI (P) TB Silalahi menyatakan kekagumannya kepada Presiden Jokowi yang menggelontorkan anggaran pembangunan sarana dan prasarana di bonapasogit mencapai lebih dari Rp 4 triliun.

Namun, lanjut TB Silalahi, anggaran pembangunan itu bisa berdampak positif dan negatif. "Positif jika kita orang Batak ikut terlibat dalam pembangunan itu. Tapi hal itu akan menjadi negatif kalau orang Batak hanya menjadi penonton dan pelayan saja disana," ujar dia.

Ketua Dewan Pengawas Drs. Sahala Panggabean MBA menambahkan melalui wadah pemersatu ini marga-marga Batak ini bisa melakukan banyak hal. "Termasuk bidang ekonomi dengan membangun koperasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Batak," tandas Ketua KSP Nasari ini.

Adapun susunan PP Perkumpulan Himaba 2019-2022, antara lain, Dewan Pembina : Letjend TNI (P) TB Silalahi, Prof. Dr. Tunggul Sirait, Irjen Pol (P) Drs Edison D Haloho. Dewan Penasihat: Drs. Yockie M Hutagalung, MM (ketua), Prof Dr Adler Hayman Manurung (sekretaris). Dewan Pengawas: Drs Sahala Panggabean, MBA (ketua), Drs Hamonangan Simarmata, MM (sekretaris). Ketua umum: Edwin P Situmorang SH, MH, Sekretaris Jenderal: Bungaran Sitanggang SH, MH, Bendahara Umum: Jonner Saragi, Ketua Departemen Humas dan Infokom: Jamida Pasaribu. (J03/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments