Minggu, 21 Jul 2019
  • Home
  • Komunitas
  • Punguan Raja Sigodangulu Sihotang Gelar Seminar untuk Efisienkan Acara Adat
  • Home
  • Komunitas
  • Punguan Raja Sigodangulu Sihotang Gelar Seminar untuk Efisienkan Acara Adat
  • Home
  • Komunitas
  • Punguan Raja Sigodangulu Sihotang Gelar Seminar untuk Efisienkan Acara Adat

Punguan Raja Sigodangulu Sihotang Gelar Seminar untuk Efisienkan Acara Adat

* PPRSSB Adakan Training Parsinabul
admin Minggu, 30 Juni 2019 11:46 WIB
Medan (SIB) -DPC PPRSSB-MS (Punguan Pomparan Raja Sigodangulu Sihotang dan Boru Medan Sekitarnya menggelar Seminar dan Musyawarah Adat dalam upaya penyeragaman dan penyederhanaan pelaksanaan adat sehingga menjadi efisien dan efektif tanpa mengurangi substansi dan makna adat itu sendiri sebagai warisan nenek moyang turun temurun.

Hasil seminar dan musyawarah adat itu nantinya menjadi panduan setiap acara adat perkawinan dan adat kematian baik di wisma (di luar rumah) maupun acara adat di dalam rumah. Seminar itu membahas banyak hal terkait tradisi adat istiadat seperti tugas Parsinabul (parsinabung) atau Raja Parhata/Raja Ada/ Parsaut, serta soal pemberian ulos, masalah pembagian "jambar" dan topik adat/acara lainnya, yang berlangsung tertib dari pagi sampai sore di RAZ Hotel Jalan Dr Mansyur Medan, Sabtu (22/6) lalu. Sebagai penyaji di seminar itu St Dr Drs Jonner Hasugian MSi, Drs Junta Sihotang, Damasus Sihotang dan St Henry Sihotang SE dengan moderator Togar Sihotang, Allen Sihotang dan Ir Tumpal Hasugian.

Acara seminar diawali ibadah singkat dipimpin Pdt LL Sihotang dengan peserta 120 orang terdiri dari pengurus, penasehat DPC PPRSSB-MS Kota Medan Sekitarnya serta utusan dari 23 Sektor PPRSSB Kota Medan, di antaranya utusan dari Sektor 20 PPRSSB Medan Johor Sampe Marlu Sihotang (Ketua), Martohap Simarsoit SH (Pak Raja), Marihat Simarsoit ST dan Lamhot Sihotang.

Ketua Panitia St Dr Drs Jonner Hasugian MSi mengatakan, hasil seminar akan disosialisasikan ke seluruh sektor yaitu 23 Sektor PPRSSB di kota Medan dan diharapkan diterapkan pada setiap acara adat Punguan Sihotang Kota Medan. "Selain ada keseragaman dan penyerderhanaan juga pelaksanaannya efisien dan efektif tidak bertele-tele, tanpa mengurangi subtansi/makna sebenarnya adat itu," kata Jonner yang sehari-hari Kepala Perpustakaan USU.

Ketua DPC PPRSSB MS Drs Benny H Sihotang SE dalam penutupan acara itu mengatakan, apapun yang menjadi hasil dari seminar telah resmi menjadi keputusan bersama untuk dilaksanakan di Punguan Sihotang Kota Medan sekitarnya pada setiap pelaksanaan adat. "Kita tidak boleh takut akan perubahan karena perubahan itu harus kita hadapi dan jalani sesuai perkembangan dan untuk kebaikan," kata Benny yang Caleg terpilih dari Gerindra untuk DPRD Sumut 2019-2024.

Ditambahkan, dalam menindaklanjuti hasil seminar khususnya mengenai Parsinabul (Parsinabung)/Raja Parhata/Raja Adat/Parsaut, maka DPC PPRSSB MS sudah memprogramkan kegiatan "Training Parsinabul" yang dilaksanakan mulai Oktober 2019 s/d April 2020 di kantor DPC PPRSSB MS Jalan Karya Medan. Peserta Training Parsinabul utusan dari 23 sektor sebanyak 3 orang setiap sektor. "Training atau pelatihan Parsinabul ini penting menghindari jangan sampai terjadi kekosongan Parsinabul/Raja Parhata Adat di setiap sektor Punguan Sihotang di Medan sekitarnya. Sebab Parsinabul itu diperlukan dalam setiap acara ada," kata Benny. (BR1/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments