Sabtu, 15 Agu 2020
  • Home
  • Komunitas
  • Punguan Pomparan Toga Sijabat Gelar Munas Secara Virtual

Punguan Pomparan Toga Sijabat Gelar Munas Secara Virtual

* Terpilih Ketua Dewan Pembina Sahala Sijabat dan Ketum BPH Barmen Sijabat
Sabtu, 01 Agustus 2020 22:25 WIB
Foto SIB/Danres Saragih
MUNAS PPTS : Dewan Pembina Sahala Sijabat, mantan Ketum PPTS Robinson Sijabat, Ketua Panitia Jayhut Sijabat SE dan lainnya foto bersama usai Munas PPTS se-Indonesia, Jumat (31/7) di Hotel Danau Toba Internasional Medan. 
Medan (SIB)
Musyawarah Nasional (Munas) Punguan Pomparan Toga Sijabat (PPTS) se-Indonesia, Jumat (31/7) di Hotel Danau Toba Internasional (HDTI) Medan digelar secara virtual dihadiri pengurus perwakilan 7 Sohe dengan mengikuti protokol kesehatan.

Munas merupakan program lima tahunan PPTS untuk memilih pengurus periode 2020-2025 karena pengurus 2015-2020 telah habis periodeisasinya. Terpilih Ketua Dewan Pembina PPTS Sahala Sijabat dan Ketua BPH PPTS Barmen Sijabat secara musyawarah dan mufakat.

Setelah terpilih menjadi Ketua Dewan Pembina Sahala Sijabat dalam Munas itu langsung memilih pengurus inti dan anggota dilengkapi pengurus setelah diskusi dengan dewan pembina.

Barmen Sijabat dalam sambutannya setelah terpilih sebagai Ketum PPTS secara virtual dari Jakarta mengaku, terharu karena diberikan kesempatan untuk memimpin Toga Sijabat. “Kalau diukur dari kemampuan saya, berat saya rasa mengerjakan ini. Tetapi saya berusaha sebaik mungkin sehinggga ke depan PPTS ini lebih bagus lagi,” ujarnya.

Kepada pengurus lama, dia juga mengucapkan terimakasih karena sudah banyak program yang sudah dibuat, seperti pembangunan Tugu Toga Sijabat dan Sopo di Ambarita. “Tentu hal ini dapat terbentuk karena ada kebersamaan sehati sepikir. Untuk itu kita pantas mengucapkan terimakasih kepada Tuhan dan juga kepada mantan Ketum Robinson Sijabat dan pengurus lainnya,” ujarnya.

Dewan Pembina Drs Sahala Hasoloan Sijabat berharap agar punguan selalu menggunakan hati yang berbicara dalam program-programnya. “Saya punya keyakinan Tuhan akan senyum melihat punguan kita ini,” cetusnya.

Dia juga memaparkan sejarah Toga Sijabat. Saat ini Toga Sijabat sudah masuk ke wilayah Simalungun dan Karo. “Tentu ini suatu kekayaan, dengan demikian budaya Sijabat tidak lagi Budaya Toba saja, tetapi juga sudah ikut budaya Simalungun dan Karo,” ujarnya.

Dia menjelaskan, PPTS sudah dibentuk tahun 80-an dan saat ini sudah memiliki Tugu Toga Sijabat, Sopo di Bona Pasogit Ambarita. Ke depan banyak hal yang dikerjakan, intinya bagaimana memperkaya budaya dan pendidikan sehingga akan memberikan dampak yang positif bagi pekembangan budaya Indonesia secara umum dan budaya Batak secara khusus.

“Banyak program yang akan kita lakukan, yang pasti tahun 2021 akan ada pesta Sombu Sihol dan saat ini sedang merangsang program-program kerja yang akan dilakukan. Tujuannya memanfaatkan sosial budaya dari seluruh keluarga Sijabat yang sudah ratusan ribu orang tersebar di dunia,” ujarnya.

Ketua Panitia Jayhut Sijabat SE berharap Toga Sijabat di seluruh Indonesia bisa sehati sepikir untuk menyatukan Toga Sijabat seluruh dunia. Hampir 70 persen diikuti melalui zoom ini membuktikan antusias terhadap Toga Sijabat sangat tinggi. Ke depan kami akan lebih fokus lagi bekerja sesuai dengan AD/ART sehingga apa tujuan organisasi bisa mendapat manfaat bagi PPTS,” harapnya.

Sebelumnya mantan Ketum PPTS Robinson Sijabat berharap agar pengurus yang baru dapat melanjutkan program yang belum selesai dan tetap menjalin kebersamaan, agar ke depan punguan lebih besar lagi. (M12/d)

T#gs BPH Barmen SijabatPunguan PomparanToga SijabatVirtual
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments