Rabu, 19 Feb 2020
  • Home
  • Komunitas
  • Pesta Bona Taon Punguan Turnip Tebingtinggi Meriah

Pesta Bona Taon Punguan Turnip Tebingtinggi Meriah

redaksi Senin, 13 Januari 2020 16:43 WIB
Foto SIB/Jekson Turnip
Tebingtinggi (SIB)
Pesta bona taon atau awal tahun 2020 Punguan Turnip, Boru, Bere dan Ibebere se-Kotamadya Tebingtinggi sekitarnya berlangsung meriah di Wisma Pardomuan Nauli, Minggu (12/1).

Dalam ibadah, renungan yang disampaikan St Hasudungan Turnip alias Pak Jeremi berharap agar semua anggota memaknai perencanaan hidup dengan terlebih dahulu meminta petunjuk Tuhan. Selalu mengandalkan Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. Hidup yang benar, dengan berbuat bagi semua orang terutama yang seiman. Renungan itu ia bawakan dari nats Yakobus 4:13-17.

Hasudungan Turnip yang juga Ketua Panitia Bona Taon didampingi istri Br Siahaan meminta kepada semua anggota punguan agar semakin solid. "Baik itu dalam suka maupun duka cita serta acara doa sekali sebulan hendaknya semakin ramai dan antusias dengan ikhlas menghadirinya," ajaknya.

Terlihat kemeriahan pesta sebab dihadiri seluruh anggota Punguan Turnip Tebingtinggi. Sesuai tradisi Batak Toba dibuat acara "Tuah ni Gondang". Tujuannya untuk meminta doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa sembari menortor diiringi gondang sambil mengenakan ulos Batak.

Sesama marga Turnip terlebih dahulu saling "olop-mangolopi" untuk saling menghormati dan menyayangi "namardongan tubu". Kemudian pihak boru (anak perempuan-red), bere dan ibebere meminta gondang untuk menghormati hula-hulanya Turnip. Selanjutnya Turnip mendatangi boru, bere dan ibebere untuk "menabe-nabei" menggunakan ulos sebagai tanda memberikan sayang dan doa.

Acara itu juga diwarnai dengan lucky draw. Hampir semua anggota mendapat hadiah namun bentuk yang diperoleh berbeda-beda. Lalu juga diwarnai dengan lelang dimana bahannya disumbangkan dari anggota Punguan. Sehingga suasana pesta tampak meriah dan penuh kesederhanaan serta kekeluargaan. (T05/BR3/q)


T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments