Senin, 30 Mar 2020
Banner Menu
Detail Utama 1
  • Home
  • Komunitas
  • Parna Indonesia akan Gelar Pesta Bolon di Samosir, 19-21 Juni 2020

Parna Indonesia akan Gelar Pesta Bolon di Samosir, 19-21 Juni 2020

Senin, 23 Maret 2020 19:54 WIB
Foto: SIB/Victor Ambarita

Foto bersama usai Parna (Parsadaan Pomparan Raja Naiambaton) Se-Indonesia menggelar diskusi tentang tarombo sekaligus sosialisasi Pesta Bolon Parna Indonesia yang digelar di Aula Pascasarjana UKI Salemba, Jakarta, Minggu (8/3). 

Jakarta (SIB)
Pengurus Parna (Parsadaan Pomparan Raja Naiambaton) se-Indonesia menggelar diskusi tentang tarombo sekaligus sosialisasi Pesta Bolon Parna Indonesia yang digelar di Aula Pascasarjana UKI Salemba, Jakarta, Minggu (8/3).

Diskusi tarombo yang dihadiri 137 peserta dari 22 marga ini dipimpin empat panelis yakni Ketua Umum Parna Indonesia Letjen TNI (Purn) Cornel Simbolon MSc, Sekjen Parna Indonesia DR Martuama Saragi MM, Dewan Pembina Parna Indonesia Prof Dr Djuang Sitanggang MM, dan moderator Drs Rajamuda Sidabutar SH MH.

Dalam diskusi tarombo tersebut terlihat masih ada dua versi pendapat terkait tarombo.
"Karena itu kita akan buat tim pencari fakta untuk mencari, mengumpulkan sumber dan informasi tentang sejarah Parna," kata Rajamuda Sidabutar membacakan hasil notulesi Diskusi tarombo di Aula Pascasarjana UKI Salemba, Jakarta, Minggu (8/3).

Selain itu, lanjut Rajamuda, setiap marga mengirimkan maksimal dua orang perwakilannya atas nama punguan marga masing-masing dengan memberikan surat keterangan yang sah dan dilaporkan ke pengurus Parna Indonesia melalui Christian Sidabutar paling lambat 21 Maret 2020.

"Nama-nama yang diajukan dari setiap marga Parna akan ditetapkan sebagai Tim penelusuran Tarombo Parna oleh Pengurus Parna Indonesia," kata dia.

"Setelah tim terbentuk, akan diadakan rapat koordinasi perihal mekanisme penelusuran dan arahan-arahan agar penelitian/pencarian dapat berlangsung secara obyektif yang hasilnya diharapkan dapat diterima semua pihak," pungkas Rajamuda Sidabutar.
Usai diskusi, diadakan sosialisasi Pesta Bolon Parna Indonesia yang rencananya akan dilaksanakan pada 19-21 Juni 2020 di Samosir, Sumatera Utara.

Ketua Umum Parna Indonesia Letjen TNI (Purn) Cornel Simbolon MSc, menjelaskan Pesta Bolon 2020 akan mengusung tema "Wujudkan Sisada Lulu Anak Sisada Lulu Boru Parna dalam kehidupan ekonomi sosial budaya skala nasional dan global". Dan subtema "Gelorakan kebersamaan melalui Pesta Bolon dan pembangunan monumen dan parhutaan Parna".

Lebih lanjut Cornel Simbolon menguraikan beberapa kegiatan yang akan diadakan dalam pesta bolon tersebut.
"Kita akan mengadakan pengadaan lahan untuk monumen dan parhutaan Parna dan melaksanakan syukuran Pesta Bolon Parna Indonesia serta peletakan batu pertama monumen Parna," ujar dia.

"Selain itu kita juga akan mengadakan napak tilas, penanaman pohon, bakti sosial pemeriksaan kesehatan, pentas seni dan budaya, generasi muda Parna pagelaran martumba, tor-tor naposo, terjun payung dan tor-tor bersama," pungkas Cornel. (J03/c)


T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments