Selasa, 20 Agu 2019
  • Home
  • Komunitas
  • Lagu Opera Tilhang Gultom Salah Satu Kearifan Lokal Dukung Pariwisata Danau Toba
  • Home
  • Komunitas
  • Lagu Opera Tilhang Gultom Salah Satu Kearifan Lokal Dukung Pariwisata Danau Toba
  • Home
  • Komunitas
  • Lagu Opera Tilhang Gultom Salah Satu Kearifan Lokal Dukung Pariwisata Danau Toba

DPP Parsadaan Toga Gultom Sedunia Dikukuhkan

Lagu Opera Tilhang Gultom Salah Satu Kearifan Lokal Dukung Pariwisata Danau Toba

admin Senin, 05 Agustus 2019 15:28 WIB
SIB/Wilfrid Sinaga
SAMBUTAN: Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Parsadaan Toga Gultom Sedunia Ir Manogang Gultom MSi menyampaikan sambutan pada Acara Pelantikan Dewan Pengurus Pusat Parsadaan Toga Gultom Sedunia, Sabtu (3/8) di HDTI Medan.
Medan (SIB) -Warga Parsadaan Toga Gultom Sedunia diajak menjalin persatuan dan kesatuan untuk bisa mencapai kesejahteraan di bidang ekonomi dan kuat di bidang sosial budaya dan politik.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Parsadaan Toga Gultom Sedunia Ir Manogang Gultom MSi pada Acara Pelantikan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Parsadaan Toga Gultom Sedunia, Sabtu (3/8) di HDTI Medan

Pelantikan ini merupakan tindak lanjut dari musyawarah nasional (Munas) tanggal 2 Maret 2019 lalu dan selama kurang lebih empat bulan dan dilanjutkan untuk membentuk Dewan Pengurus Pusat Sedunia.

"Pemilihan pengurus kita lakukan berdasarkan kriteria berbasis kompetensi dan keterwakilan, artinya pengurus yang ditetapkan adalah yang terbuka hatinya untuk melayani baik dari segi pikiran dan tindakan. Selain itu para pengurus adalah figur yang nemiliki pemikiran bagaimana PTGS ini sekarang dan ke depan. Pemikiran pemikiran inilah yang kita formulasikan menjadi visi PTGS agar bisa dilihat menjadi apa PTGS ke depan.

Hanya di dalam keluarga yang rukun bisa tercapai ekonomi sosial, budaya, pendidikan dan politik yang kuat", kata Manogang Gultom.

Menyikapi program pemerintah di Kawasan Danau Toba, Manogang mengatakan, warga Gultom harus mengambil peranan mulai dari hal hal kecil seperti menjaga kebersihan hingga menunjukkan pemikiran - pemikiran yang bisa mendukung pembangunan.

Lagu Opera Ciptaan Tulang Gultom kata Manogang juga merupakan salah satu bentuk kearifan lokal yang kalau dikembangkan akan bisa menjadi daya tarik wisata. "Banyak lagi potensi yang bisa digali untuk itu dibutuhkan rasa kebersamaan dari seluruh keturunan Marga Gultom untuk berperan aktif sesuai potensi yang dimiliki", kata Manogang Gultom.

Acara pelantikan itu diawali ibadah yang dipimpin Pdt DR Binsar Gultom SH MHum dilanjutkan ritual budaya manortor yang diikuti perwakilan Gultom Huta Toruan, Gultom Huta Pea, Gultom Huta Bagot, Gultom Huta Balian.

Acara kemudian dilanjutkan dengan acara nasional yang dipandu DR Tiur Gultom, Jesica Gultom dan Marlan Gultom.
Pengukuhan dilakukan para sesepuh dan penasehat PTGS dengan terlebih dahulu dilakukan pembacaan SK.

Puncak acara pengukuhan juga dilakukan rapat kerja membahas AD ART dan Program Kerja yang langsung dipimpin ketua umum.
Susunan pengurus inti terdiri dari Ketua Umum Ir Manogang Gultom Msc, Ketua Harian Reddy Gultom MHum, Ketua -ketua yaitu Mangara Gultom SE MM, Nampuna Dolok Gultom PhD, Gayo Melkior Gultom, Dr Henry Gultom, Drs Army Gultom.

Sekum Jon Piter Gultom, Wakil Sekum Iwan Primus Gultom, Dr Tiur Gultom, Elsa Gultom, Jairus Gultom, Bendahara Dt Lasmaida Gultom, Drs Willy Gultom, Edward Gultom. (M08/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments