Kamis, 19 Sep 2019
  • Home
  • Komunitas
  • Komunitas Pers Gelar Piala Presiden Kompetisi Nasional Media
  • Home
  • Komunitas
  • Komunitas Pers Gelar Piala Presiden Kompetisi Nasional Media
  • Home
  • Komunitas
  • Komunitas Pers Gelar Piala Presiden Kompetisi Nasional Media

Komunitas Pers Gelar Piala Presiden Kompetisi Nasional Media

* Perebutkan Total Hadiah Rp 1,5 Miliar
admin Senin, 02 September 2019 13:39 WIB
SIB/Danres Saragih
SOSIALISASI: Deputi IV Kantor Staf Presiden RI Eko Sulistyo (kiri) didampingi Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun (tengah) dan Tokoh Pers M Yazid memaparkan program Jurnalis Profesional untuk Bangsa Piala Presiden Kompetisi Nasional Media, Sabtu (31/8) di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan.
Medan (SIB) -Dalam rangka mendorong peningkatan kualitas dan peran media ikut mengatasi persoalan negara dan bangsa Indonesia, komunitas media menggelar kompetisi nasional media 2019 memerebutkan Piala Presiden.

Kompetisi nasional media itu merupakan penghargaan atas karya jurnalistik lintas platform, berupa laporan jurnalitik, tajuk rencana dan artikel opini. Piala presiden akan diberikan kepada media maupun individu.

"Nilai tambahnya adalah karya yang memberi manfaat besar bagi pemerintah maupun masyarakat luas dalam menghadapi persoalan-persoalan krusial Bangsa Indonesia dewasa ini," kata anggota Dewan Pers Agus Sudibyo pada saat sosialisasi piala presiden kompetisi nasional media di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan, Sabtu (31/8) malam.

Piala presiden kompetisi nasional media memiliki dua kegiatan utama, yakni pemberian award (penghargaan) terhadap karya jurnalistik dan serangkaian diskusi yang melibatkan kalangan media baik di tingkat nasional maupun daerah.

"Dua bentuk kegiatan utama ini menjawab apa yang menjadi tujuan dari penyelenggaraan ini yakni penghargaan pemerintah terhadap sumbangan media dalam bentuk karya jurnalistik sekaligus masukan atau pemikiran untuk pemerintah," ujar Agus yang juga panitia penyelenggara piala presiden kompetisi nasional media.

Piala presiden kompetisi nasional media tahun 2019 mengambil tema khusus menjadi fokus perhatian yakni persatuan dan kerukunan bangsa, percepatan dan pemerataan pembangunan berkesejahteraan sosial, pendidikan dan pengembangan SDM di Era 4.0 dan pengembangan industri berbasis pemanfaatan teknologi digital.

Ada 9 kategori yang diikutsertakan dalam kompetisi ini yakni karya jurnalistik media cetak/media siber nasional, karya Jurnalistik media cetak/media siber nusantara, karya jurnalistik televisi short story, karya jurnalistik televisi long story, karya jurnalistik radio, tajuk rencana media cetak/media siber nasional, tajuk rencana media cetak/media siber nusantara, artikel opini media cetak/siber (individu) dan karya audio-visual media sosial (individu).

Untuk setiap kategori dipilih 3 orang pemenang, yakni juara I Rp100 juta, juara II Rp 50 juta dan juara III Rp 25 juta. Dari kesembilan kategori yang diperlombakan dalam Piala Presiden Kompetisi Nasional Media 2019 ini total uang yang diperebutkan sebesar Rp1.575.000.000.

Kompetisi ini dapat diikuti oleh media baik nasional maupun daerah untuk kategori karya jurnalistik (cetak, TV dan radio, media siber) dan tajuk rencana. Selain media, individu juga dapat ikut serta dalam kompetisi ini untuk kategori artikel opini yang dimuat media massa cetak dan siber serta karya audio-visual yang dipublikasikan melalui media sosial.

Masih Agus Sudibyo, karya yang diikutsertakan dalam kompetisi adalah karya yang dipublikasikan atau disebarluaskan melalui media utama maupun media sosial dalam periode waktu 1 Januari - 15 September 2019 mendatang. "Jadi masih ada kesempatan 15 hari ke depan bagi wartawan yang belum punya tulisan dan belum dimuat di media, untuk ikut membuat tulisan dan mengikuti lomba ini. Berkas pengiriman paling lambat 17 September 2019," ujarnya.

Dalam pertemuan sosialisasi dengan media di Kota Medan, ada lima pembicara diskusi yakni, Deputi IV Kantor Staf Presiden RI Eko Sulistyo, pendiri Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Ranggini, Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun, perwakilan Media Indonesia Usman Kansong dan tokoh pers Sumatera Utara Muhammad Yazid. Diskusi ini juga dihadiri Ketua PWI Sumut H Hermanjah dan sejumlah wartawan di Kota Medan.

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui www.kompetisinasionalmedia.id, Facebook Page (FP) Kompetisi Nasional Media, Twitter @knpialapresiden, dan Instagram @knmpialapresiden. (M18/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments