Rabu, 20 Nov 2019

Komunitas Penulis Muda, Saling Bertukar Karya

Senin, 15 Juni 2015 16:11 WIB
Mungkin kami adalah salah satu dari banyak media yang menjadi wadah para penulis muda yang ingin mengembangkan bakat kepenulisannya. Kami hadir sejak pertengahan tahun 2011 yang lalu, dimana harapan terbesar kami adalah, suatu saat komunitas ini akan menjadi sebuah komunitas yang besar di Indonesia.

Apa itu Komunitas Penulis Muda?
Awalnya Komunitas Penulis Muda ini didirikan dengan maksud untuk mengajak teman-teman sesama Facebooker untuk saling bertukar karya, baik itu cerita, puisi, ataupun karya tulis yang lain.  Kami berharap dengan hadirnya komunitas penulis ini dapat meningkatkan minat para muda Indonesia pada dunia kepenulisan.

Kami menyadari, bahwa salah satu hal yang menjadi kendala para muda Indonesia untuk mempublikasikan karya mereka adalah "Rasa Malu" mereka akan tulisan mereka. Masih banyak jiwa muda Indonesia yang merasa minder dengan karyanya. Fakta ini kami peroleh dari komentar dan masukan dari anggota kami yang sekarang sudah mencapai hampir 3000 -penyuka halaman facebook-.  Kebanyakan dari mereka, anggota baru, mengaku merasa minder untuk mempublikasikan karya mereka. Selain itu, mereka pun merasa karya mereka kurang layak terbit di media umum.  Menyadari fakta tersebut, kami berusaha meyakinkan mereka bahwa karya seperti apapun yang mereka buat dan mereka kirimkan kepada kami akan kami publikasikan secara langsung di fanspage kami, itu hanyalah sebuah awal.

Kami berusaha menumbuhkan rasa percaya diri para penulis muda, dengan mempublikasikan karya mereka secara langsung, tanpa kami saring dan tanpa kami edit. Kami bermaksud, dengan kami publikasikan karya mereka apa adanya, mereka dapat mengetahui bagian mana dari karya mereka yang masih kurang dan perlu diperbaiki. Ini akan membuat mereka berkembang seiring dengan kritikan dan komentar serta saran dari para pembaca dan penulis lain yang juga masih sama-sama belajar. Disinilah kami menumbuhkan ikatan itu, saling berbagi dan saling melengkapi.

Inovasi Komunitas Penulis Muda

Tahun 2012 kami mencoba untuk berbenah diri, memperluas media kami dengan membuat sebuah blog Komunitas Penulis Muda. Kami berharap dengan hadirnya blog ini bisa memperluas ruang lingkup kami, bukan hanya pada media Facebook, namun juga dalam sebuah blog/official site kami. Dengan begitu, karya para penulis muda yang sudah pernah dikirimkan kepada kami dapat juga dinikmati oleh lebih banyak pengguna internet.

Kami menyadari, bahwa komunitas ini harusnya bisa lebih berkembang dan lebih baik. Oleh karena itu, kami mencoba berhubungan dengan media-media lain. Dan untuk saat ini, ceritamu.com telah menawarkan dukungan untuk kami untuk lebih memajukan Komunitas Penulis Muda.

Banyak Inovasi dan program yang sudah kami rencanakan. Akan tetapi kamipun menyadari, untuk mengembangkan sebuah komunitas, tidak hanya dipengaruhi oleh keinginan dan niat saja. Kerja sama dan hubungan para admin pun sangat diperlukan untuk kelangsungan pengembangan Komunitas Penulis Muda ini. Oleh karena itu, harapan kami pada tahun ini kami dapat lebih meningkatkan kerja sama, baik antar admin dengan anggotanya serta menjalin lebih banyak kerja sama dengan media lain untuk perkembangan KPM..

Harapan terbesar kami, kelak komunitas ini akan menjadi media yang sama seperti Kompasiana, yang juga menjadi wadah untuk para penulis dalam membagikan karya mereka. Karena kami, Komunitas Penulis Muda, tempat semua "Berbagi Cerita" (kompasiana.com/d)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments