Kamis, 20 Jun 2019
  • Home
  • Komunitas
  • Komunitas Gondang Saurdot Delegasi Indonesia ke ASEAN Week di Korea
  • Home
  • Komunitas
  • Komunitas Gondang Saurdot Delegasi Indonesia ke ASEAN Week di Korea
  • Home
  • Komunitas
  • Komunitas Gondang Saurdot Delegasi Indonesia ke ASEAN Week di Korea

Komunitas Gondang Saurdot Delegasi Indonesia ke ASEAN Week di Korea

admin Senin, 10 Juni 2019 15:09 WIB
SIB/Victor Ambarita
Ibadah syukur HUT ke-4 dan pemberangkatan Komunitas Gondang Saurdot HKBP Jatiwaringin ke Korea Selatan sebagai Delegasi Indonesia di ajang internasional ASEAN Week, 12-17 Juni 2019, Seoul, Korea Selatan. Ibadah syukur digelar di Gedung Serbaguna HKBP Jatiwaringin, Jakarta, Sabtu (8/7) malam.
Jakarta (SIB) -Pada HUT ke-4, Komunitas Gondang Saurdot (KGS) HKBP Jatiwaringin, Jakarta, patut bersyukur sekaligus bangga lantaran dipercaya tampil menjadi delegasi Indonesia di ajang internasional 'ASEAN Week', 12-17 Juni 2019 di Seoul, Korea Selatan.

"Hari ini kita patut bersyukur. Meskipun mendapatkan banyak tantangan selama proses seleksi, Komunitas Gondang Saurdot akhirnya bisa menjadi satu-satunya delegasi Indonesia untuk menampilkan Budaya Batak di ajang 'ASEAN Week'," ujar Official Indonesia Delegation, Aldentua Siringoringo SH MH, dalam ibadah syukur pemberangkatan delegasi KGS di Gedung Serbaguna HKBP Jatiwaringin, Jakarta, Sabtu (8/7) malam.

Lebih lanjut Aldentua menjelaskan, budaya Batak yang akan ditampilkan di Seoul nantinya menarasikan, antara lain, tentang perkembangan sebelum dan sesudah Injil datang ke Tanah Batak.

"Juga, ada penampilan budaya dengan semangat kontemporer dimana akan ada kolaborasi lagu-lagu Korea Selatan dan Batak yang diiringi alat-alat musik tradisional Batak. Dengan demikian, dunia akan tahu bahwa musik Batak bisa membangun dialog,
persahabatan, dan hubungan yang baik secara internasional. Kami berharap apa yang kami tampilkan di Seoul, Korsel ini akan menjadi jembatan penghubung bahwa ternyata budaya Korea dan Batak bisa kita persandingkan antar bangsa dan suku bangsa," pungkasnya.

Hal senada diutarakan Pembina dan Pelatih Utama KGS, Pasca Siringoringo SH, yang merasakan beratnya tantangan KGS menuju Korea.

"Hampir saja kami dicoret sebagai utusan. Sebab biasanya yang diutus kalau enggak dari Jawa atau Bali. Namun, puji syukur kepada Tuhan kali ini kita orang Batak, Kristen, HKBP pula bisa jadi delegasi Indonesia di ajang ASEAN Week," kata Pasca disambut tepuk tangan dan rasa haru dari warga HKBP Jatiwaringin yang hadir malam itu.

Ibadah syukur pemberangkatan delegasi KGS kala itu dipimpin oleh Pendeta Jemaat HKBP Jatiwaringin, Pdt Monang RH Limbong MTh. "Kehadiran KGS di Korea nanti bukan hanya untuk HKBP Jatiwaringin atau bangsa Batak, tapi untuk Indonesia. Biarlah KGS selalu menjadi alat pujian dan kemuliaan bagi Tuhan," kata Pdt Monang Limbong dalam renungannya.

Sementara Pendeta Resort HKBP Jatiwaringin, Pdt Welman Tampubolon, menyatakan kekagumannya atas KGS. "Luar biasa KGS. Walaupun ada tantangan dan pergumulan, namun kini dapat kita dilalui dengan penuh sukacita. Kiranya Tuhan selalu menyertai dan memberkati KGS," kata Pdt Welman Tampubolon seraya menambahkan akan mengupayakan KGS bisa tampil juga kelak dalam sebuah acara di Jerman.

Adapun tim delegasi yang akan mengikuti ASEAN Week 2019 di Korea Selatan adalah 7 orang pemain musik tradisional Batak, seorang pimpinan yakni Aldentua Siringoringo yang juga berperan sebagai datu atau pemimpin spiritual dalam pementasan, dua orang penari, seorang narator dan seorang official.

ASEAN Week digelar dalam rangka memperingati 30 tahun Hubungan Dialog ASEAN-Republik Korea (ROK) dan peringatan 10 tahun ASEAN-Korea Center. Acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran ASEAN, terutama menjelang KTT Peringatan ASEAN-ROK di bulan November 2019. (J03/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments