Jumat, 25 Sep 2020
  • Home
  • Komunitas
  • Kerja Bersama di CoWorking Space Jadi Tren di Jakarta

Kerja Bersama di CoWorking Space Jadi Tren di Jakarta

redaksi Senin, 13 Januari 2020 16:09 WIB
Foto SIB/Dok
Coworking Place
Jakarta (SIB)
Beberapa akhir tahun ini, banyak pekerja yang menyelesaikan pekerjaannya di Coworking Space. Tidak hanya para pekerja, bahkan para pelajar yang umumnya mahasiswa maupun para influencer banyak ikut tren untuk menyelesaikan pekerjaan atau sekedar chill time di sini.

Sebenarnya, apasih Coworking Space itu?
Coworking Space adalah ruang kerja baru di mana pengguna bekerja dengan orang-orang lain dari perusahaan atau organisasi yang berbeda di satu tempat. Coworking space berasal dari bahasa Inggris yang berarti ruang yang digunakan untuk bekerja, menghasilkan karya secara bekerja sama baik antar individu maupun perusahaan yang memiliki latar usaha berbeda.

Coworking space mengedepankan konsep sharing atau berbagi. Dalam satu ruangan terdapat berbagai individu, komunitas, maupun perusahaan berbeda, khususnya perusahaan start-up. Biasanya terdapat satu ruangan terbuka untuk digunakan bersama dan ruangan-ruangan kecil yang dapat disewa per individu atau per komunitas dan perusahaan.

Di sini, dapat membuka peluang untuk networking atau sekedar mendapatkan teman baru dari berbagai company, serta tempat bekerja yang nyaman, mampu meningkatkan kreativitas tinggi.

Penyedia Coworking space biasanya sudah menyediakan fasilitas esensial untuk bisnis selain tempat bekerja seperti koneksi internet, meeting room untuk bertemu dengan klien dan juga diskusi tim, serta minuman seperti air mineral, teh dan kopi.

Pengguna juga akan dibantu resepsionis professional untuk penerimaan surat dan paket yang masuk. Sebagian Coworking Space juga menyediakan alamat virtual untuk keperluan legalitas.

Banyak Coworking Space yang berada di Jakarta dan sekitarnya yang dapat dijadikan referensi, antara lain:

1. WeWork
WeWork memberi akses tanpa batas ruangan penuh dengan karya seni, ruang konferensi yang unik, dan kantor pribadi yang memberdayakan produktivitas. Rumah bagi para profesional di bidang keuangan, teknologi, dan urusan perusahaan, kerja keras datang dengan sendirinya; kopi sepuasnya dan staf di tempat siap membantu.
Selain itu, akses mudah ke jalur Transjakarta, Stasiun Sudirman, dan metro kota memudahkan aktivitas pergi dan pulang kerja, dari mana pun atau ke mana pun pergi. Harga yang ditawarkan di WeWork ini sekitar 2.720.000/bulan.
Alamat: Menara Astra, Jl. Jend. Sudirman No. Kav 5, RT.10/RW.11, Jakarta Pusat.

2. Conclave Coworking Space
Tidak beda jauh dengan WeWork, fungsi yang ditawarkan oleh Conclave ini juga sama yaitu untuk menyediakan tempat bekerja yang nyaman dengan menyediakan ruangan-ruangan dan fasilitas yang memadai. Harga yang ditawarkan oleh Conclave sekitar 2.000.000/bulan.

Alamat: Jl. Wijaya I No.5C, RT.7/RW.4, Petogogan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan.

3. UI Coworking Space
Universitas Indonesia adalah satu-satunya Universitas di Indonesia yang menyediakan fasilitas Coworking Space bagi para mahasiswanya, pasalnya mahasiswa/i UI dapat mengerjakan tugas di Coworking Space tersebut secara gratis hanya dengan menunjukan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa).

Dengan dibangunnya Coworking Space di Perpustakaan Pusat ini, merupakan bukti bahwa para pelajar juga membutuhkan tempat mengerjakan tugas yang nyaman dengan fasilitas yang memadai serta diharapkan mahasiswa/i dapat lebih kreatifitas dalam berpikir.
Itulah beberapa referensi Coworking Space di Jakarta dan sekitarnya. Sudahkan anda mengunjunginya?
Alamat: Perpustakaan Pusat, Gedung Crystal of Knowledge, Kampus UI, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat. (suara/c)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments