Minggu, 20 Okt 2019
  • Home
  • Komunitas
  • Gubernur Sumut Kukuhkan Pengurus BM-3 Sumut Periode 2018-2023
  • Home
  • Komunitas
  • Gubernur Sumut Kukuhkan Pengurus BM-3 Sumut Periode 2018-2023
  • Home
  • Komunitas
  • Gubernur Sumut Kukuhkan Pengurus BM-3 Sumut Periode 2018-2023

Gubernur Sumut Kukuhkan Pengurus BM-3 Sumut Periode 2018-2023

* Wagub Sumbar Berpesan, Warga Minang Harus Berbaur di Sumut
admin Senin, 07 Oktober 2019 13:20 WIB
SIB/Dok
KUKUHKAN: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Wagub Sumbar Nasril Abit, mengukuhkan pengurus BM-3 Sumut Periode 2018-2023, Sabtu (5/10) malam di MICC Jalan Gagak Hitam Medan
Medan (SIB) -Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengajak masyarakat Minang Sumatera Barat yang tergabung dalam Badan Musyawarah Masyarakat Minang (BM-3) Sumut, untuk menyinkronkan program kerjanya dengan Pemprov Sumut.

"Tadi saya dengar di BM-3 ada bidang pertanian dan lainnya. Saya minta BM-3 dan Pemprov Sumut harus bersinergi. Mari sama-sama kita besarkan Sumut menjadi provinsi yang bermartabat," ujarnya dalam acara silaturahim dan pengukuhan pengurus BM-3 Sumut Periode 2018-2023, Sabtu malam (5/10) di MICC Jalan Gagak Hitam Medan. Acara itu juga dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) H Nasrul Abit, Pangdam 1/BB Mayjen MS Fadhillah, mantan Gubernur Sumut T Erry Nuradi, mantan Wali Kota Medan Abdillah, serta tokoh masyarakat Minang dan ribuan masyarakat Minang di Sumut.

Dipesankannya juga agar masyarakat Minang yang tinggal di Sumut terus berbuat yang terbaik. Meski berasal dari Sumbar, namun yang sudah lama tinggal di Sumut ada lebih kurang 500 ribu jiwa.

Sebelumnya, Ketua Umum BM-3 Sumut H Syahruddin Ali dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat Minang untuk berbaur dengan seluruh etnis asli yang ada di Sumut.

"Seperti kata pepatah, dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Kita memang berasal dari Sumatera Barat, tapi kita tinggal di sini (Sumut-red). Sudah seharusnya kita berbuat untuk menjadikan Sumut bermartabat," ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima- kasih kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang sudah memasilitasi pengumpulan bantuan untuk masyarakat Minang yang menjadi korban kerusuhan di Papua.

Serahkan Donasi Wamena
Dalam kesempatan itu, masyarakat Minang yang diwakili BM-3 Sumut juga menyerahkan bantuan untuk masyarakat Minang yang menjadi korban kerusuhan di Wamena Papua. Donasi yang dikumpulkan dari dermawan dan masyarakat Minang itu diserahkan langsung kepada Wakil Gubernur Sumbar, disaksikan Gubernur Sumut.

Ketua Panitia Silaturahim dan Pengukuhan BM-3 Sumut 2018-2023 H Farianda Putra Sinik SE menyebutkan dari hasil penggalangan dana, terkumpul Rp.185 juta lebih. "Hingga saat ini sudah terkumpul Rp.185 juta lebih. Masih ada para dermawan yang mengirim lewat rekening dan menjanjikan memberikan donasinya sekitar Rp 235 juta," ujarnya.

Farianda juga mengapresiasi Gubernur Sumut yang menggagas donasi tersebut. "Sewaktu audensi, Pak Edy yang mengetuk hati kami, beliau yang pertama kali mengucapkan pengumpulan donasi. Dan Pak Edy juga bersedia memasilitasi donasi tersebut di Aula Raja Inal Kantor Gubernur," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar H Nasril Abit juga mengucapkan terima kasih kepada pemberi donasi. "Nantinya uang ini akan kita kumpulkan dulu, kemudian akan kita totalkan semua. Hingga kini, sudah terkumpul lebih dari Rp 3 miliar," katanya.
Uang itu akan digunakan untuk memulangkan perantau Minang dari Papua. "Tapi ada yang minta diberikan modal usaha juga, namun masih dihitung soal itu," ungkapnya.

Ia juga berpesan kepada masyarakat Minang di Sumatera Utara untuk berbaur dan selalu berprasangka baik. "Tetap berprasangka baik terhadap siapapun, baik itu masyarakat maupun pemerintah. Karena itu bisa menghilangkan konflik," pesannya.

Selain menerima donasi dari BM-3 Sumut, Wakil Gubernur Sumbar juga menerima donasi BM-3 dari Kabupaten/Kota lainnya seperti Labuhanbatu, Serdangbedagai dan lainnya.

Pengurus BM-3 Sumut periode 2018-2023 yang dilantik terdiri dari Ketua Umum H Syahrnddin Ali SH MSi, Ketua Harian H Farianda Putra Sinik SE. Ketua Ir H Besri Nazir MM, Eddy Antoni Wendry SSos, H Nasril Bahar SE MM, H Delviyandri MSc, Drs H Palriuns Ilyas MPd, Drs HM Ridwan Pilly MPsi, AKBP H Nusfi Arion SE, Drs H Jufri Ragani MBA, Drs H Adar Jas Kuto Apt MSi, dr H Delyuzar SpPA (K), Drs H Khairul Azhar MPd, Drs Rifki Warisan, DR H Johni Anwar SA MA, Hj Adlina Milwan, Prof Lusiana Andriani Chaniago MA PhD, H Ubay Nasrul SE, H Asrah Nasriedy BE.

Sekretaris Umum HM Yuan Sirhan, unsur Sekretaris Thendry Irawan Tanjung SH, Zulbadri SH, Arief Wahyudi SH MH, Adrizal SH, Yusri Effendi SPd, Rafdinal SSos MAP, dr Redyanto Sidi SH MH, Iskandar Muda SS MSA, Drs Hidayat MPsi, dr H Delfi MKed (Oph) SpM (K), H Heri Trisma Prianto ST MT, Hari Baron SSos, Kasman, Ramadius SAg, Muslim Tanjung SPd MPd.

Bendahara Umum Elrinny Arminda, Wakil Bendahara M Faisa, BIRK H, Ir Taufik ST IPM, Ascan Eng (Sikumbang), Hj Sulniari Malik Amd, Sa'adi Syam SP, Sri Harnita SE MM, Arsal Manday ST, Jufrial Agusti SE dan Khairunnisa Chaniago. Kepengurusan juga dilengkapi sejumlah bidang. (M13/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments