Jumat, 22 Nov 2019
  • Home
  • Komunitas
  • Kalangan Cendekiawan Muslim Nias Diminta Ambil Peran Dorong Pembangunan
  • Home
  • Komunitas
  • Kalangan Cendekiawan Muslim Nias Diminta Ambil Peran Dorong Pembangunan
  • Home
  • Komunitas
  • Kalangan Cendekiawan Muslim Nias Diminta Ambil Peran Dorong Pembangunan

Kalangan Cendekiawan Muslim Nias Diminta Ambil Peran Dorong Pembangunan

Senin, 01 Juni 2015 12:43 WIB
Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi menerima cenderamata dari Ketum PP HCMNI Ali Yusran Gea dalam acara pembukaan diskusi publik Bersama Membangun Nias dengan tema “Mewujudkan Pembangunan Nias Yang Berkemajuan dan Berkeadilan” yang digelar di Ball Room Gra
Medan (SIB)- Wagub Sumut Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengimbau Himpunan Cendikiawan Muslim Nias Indonesia (HCMNI) turut berperan dalam mendorong laju roda pembangunan.

Himbauan itu dikemukakan Tengku Erry Nuradi saat membuka Ta’aruf  Pimpinan Pusat HCMNI dan diskusi publik bertajuk Bersama Membangun Nias dengan tema “Mewujudkan Pembangunan Nias Berkemajuan dan Berkeadilan” yang digelar di Ball Room Grand Kanaya Hotel Jl Darussalam Medan, Sabtu (30/5).

Hadir dalam acara tersebut Ketua Umum HCMNI Dr Ali Yusran Gea SH MKn MH, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) HIMNI (Himpunan Masyarakat Nias Indonesia) Sumut Turunan Gulo, Erwin Lubisme Ketua Panitia Pelaksana Ta’aruf Dr Saharman Gea, Sekretaris Affan Alquddus MSi, mewakili MUI Sumut, Muhammadiyah, tokoh etnis dan masyarakat serta undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Erry mengajak masyarakat Nias untuk bangkit dan tidak larut dalam kesedihan akibat gempa yang memporakporandakan Kepulauan Nias 28 Maret 2005 lalu. Di balik bencana yang menewaskan sedikitnya 1.000 orang tersebut, gempa juga memberikan hikmah bagi perkembangan pembangunan di Kepulauan Nias.

“Tragedi 10 tahun lalu, jangan sampai membuat kita sedih berkepanjangan. Ini saatnya kita bangkit untuk maju. Banyak potensi yang sangat memungkinkan untuk dikembangkan, di antaranya potensi pertanian dan pariwisata, dua potensi unggulan dari Kepulauan Nias,” ujarnya.

Pembangunan di Nias, sebutnya, tidak hanya mendapat perhatian dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, tetapi juga mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat.

‘’Saya sangat apresiasi apa yang dilakukan Himpunan Cendikiawan Muslim Nias Indonesia yang peduli bersama membangun Nias. Pembangunan Nias harus mendapat dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat. Saya optimis, Nias akan mengalami kebangkitan dari tumbuhnya industri pariwisata. Selain itu, banyak potensi lain yang menjadi modal dalam percepatan pembangunan di Nias. Pembangunan tersebut akan memberikan dampak postif bagi pembangunan di Sumut,” sebutnya.

Sementara Ketua Umum HCMNI Dr Ali Yusran Gea mengatakan, salah satu bahasan dalam diskusi akan mengulas strategi mewujudkan pembangunan Nias yang berkemajuan dan berkeadilan. “Bahasan itu Sesuai dengan visi HCMNI yakni mewujudkan politik dan dakwah Islam demi kemaslahatan umat. HCMNI juga bergharap terjadi penguatas komunikasi dan koordinasi antara pemerintah dan masyarakat dalam mendorong laju pembangunan,” harapnya.
Gea yang juga selaku Ketua Umum Yayasan  Lembaga Bantuan Hukum Keadilan Indonesia (YLBHKI) ini mengatakan, komunikasi yang efektif dan efisien akan melanggengkan kerjasama dalam kerangka menegakkan amar ma’ruf nahi munkar. “Kemajuan pembangunan juga harus seiring dengan meningkatnya moral masyarakat,” sebutnya. (A14/y)




T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments