Minggu, 18 Agu 2019
  • Home
  • Kesehatan
  • dr Dorlyn Sirait MKes : Daun dan Batang Tanaman Serai Berkhasiat Mencegah Berbagai Penyakit

dr Dorlyn Sirait MKes : Daun dan Batang Tanaman Serai Berkhasiat Mencegah Berbagai Penyakit

admin Minggu, 21 Juli 2019 15:58 WIB
dr Dorlyn Sirait MKes
Pematangsiantar (SIB) -Daun Serai (sereh) merupakan salah satu bahan penyedap makanan yang paling sering digunakan di dapur. Serai memiliki aroma khas yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Hal itu dikatakan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P Dinas Kesehatan Pematangsiantar), dr Dorlyn Sirait MKes kepada SIB, Sabtu (13/7) di Pematangsiantar. Disebutkan serai juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami pengusir nyamuk.

Katanya, tanaman serai ini biasanya ditanam masyarakat di pekarangan rumah karena memiliki berbagai manfaat dan khasiat bagi kesehatan seperti mengatasi diabetes, mengobati anemia, mengatasi bakteri dan jamur, mengatasi masuk angin/perut kembung, mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan menurunkan kolestrol jahat.

"Selain itu juga menguatkan sistem saraf, mengobati penyakit kulit, menurunkan tekanan darah, antiseptik, anti-inflamasi, menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan, demam, gangguan pernapasan, memutihkan gigi, mengatasi nyeri saat haid, mengatasi bau badan, mengobati gastritis, rematik dan insomnia atau kesulitan tidur," ujarnya. (S09/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments