Sabtu, 24 Agu 2019
  • Home
  • Kesehatan
  • Wow! Studi Terbaru Sebut Minum 25 Cangkir Kopi Masih Aman Bagi Jantung

Wow! Studi Terbaru Sebut Minum 25 Cangkir Kopi Masih Aman Bagi Jantung

admin Minggu, 09 Juni 2019 11:46 WIB
Minum Kopi
Jakarta (SIB) -Para pecinta kopi yang dalam sehari bisa menghabiskan beberapa gelas mungkin pernah mendengar kalau minum kopi berlebihan tidak baik. Namun terkait hal tersebut, studi terbaru menemukan konsumsi banyak kopi sekalipun tampaknya tidak terlalu berdampak buruk bagi jantung.

Studi tentang kopi memang masih banyak menimbulkan perdebatan. Sebagian peneliti melihat kopi baik untuk kesehatan sementara sebagian lain menyebutnya buruk karena dapat mengeraskan arteri, meningkatkan risiko serangan jantung.

Peneliti dari Queen Mary University of London dalam pertemuan di British Cardiovascular Society baru-baru ini melaporkan studinya yang melihat bahwa konsumsi kopi tidak terbukti bisa mengeraskan arteri. Hal ini diketahui setelah peneliti melakukan survei pada 8.412 responden.

Pada kelompok responden yang dalam sehari bisa minum lebih dari tiga bahkan bisa sampai 25 cangkir kopi sekalipun tidak ditemukan adanya pengerasan arteri. Peneliti sudah mempertimbangkan faktor lain seperti usia, jenis kelamin, etnik, kebiasaan merokok, berat badan, dan diet responden.

"Pesan utama yang bisa diambil dari hal ini adalah kopi bisa dengan bebas dinikmati sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Pecinta kopi bisa puas dengan hasil studi, yakin kebiasaannya tidak membuat pengerasan pembuluh darah," kata salah satu peneliti, Kenneth Fung.

"Kami sendiri tidak menyarankan minum kopi sampai 25 gelas. Pada intinya kalau kamu mengonsumsi kopi sesuai rekomendasi, risiko pembuluh darah kamu mengeras tidak berbeda dengan orang yang hanya minum secangkir kopi dalam sehari," lanjutnya seperti dikutip dari CNN, Rabu (5/6).

Dalam studi kelompok dengan konsumsi kopi paling tinggi rata-rata bisa menghabiskan lima cangkir kopi dalam sehari. (detikhealth/f)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments