Jumat, 07 Agu 2020

Tips Mencegah Diabetes Sejak Usia Muda

Minggu, 26 Juli 2020 17:15 WIB
Foto: Networkdesigner

Ilustrasi 

Jakarta (SIB)
Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi melebihi batas normal. Diabetes bisa menjadi penyakit yang berbahaya karena berkaitan dengan berbagai macam komplikasi, seperti penyakit jantung, gangguan ginjal, gangguan sistem syaraf, hingga gangguan penglihatan. Meskipun lebih umum ditemukan pada seseorang yang berusia lanjut, diabetes saat ini juga semakin banyak ditemukan pada mereka yang masih berusia muda.

Diabetes saat ini masih belum dapat disembuhkan namun ada cara untuk mencegahnya. Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention, pencegahan diabetes dapat dilakukan dengan pola hidup sehat seperti pola makan sehat, menjaga berat badan dalam batas normal, dan tetap aktif bergerak.

Untungnya, ada banyak tips praktis dalam mencegah diabetes yang dapat dilakukan dengan mudah. Adapun beberapa tips mencegah diabetes dalam hal mengkonsumsi makanan dan minuman sehari-hari adalah sebagai berikut.

- Minum air putih 10 menit sebelum makan, agar rasa lapar dapat berkurang.
- Makan dengan piring yang lebih kecil sehingga makanan terlihat lebih banyak untuk membantu mengurangi porsi makan.
- Makan lebih perlahan untuk mencegah makan berlebihan. Coba juga untuk menggunakan sumpit saat makan atau peralatan makan yang lebih kecil.
- Isi ½ bagian piring dengan buah dan sayur, ¼ bagian piring dengan sumber protein (pilih sumber protein rendah lemak, batasi produk daging olahan), dan ¼ bagian piring dengan sumber karbohidrat (pilih sumber karbohidrat tinggi serat seperti bijian utuh).
- Ketika ingin ngemil, pilih camilan yang lebih sehat misalnya Tropicana Slim Hokkaido Cheese Cookies yang bebas gula dan rendah kalori.
- Pilih juga menu makanan yang dipanggang, direbus, atau dikukus dibandingkan dengan yang digoreng.
- Berbagilah 1 porsi makanan dengan teman atau keluarga.
- Hindari makan sambil menonton televisi. Jika terasa sepi, cobalah untuk makan sambil mendengarkan musik.

Saat kebutuhan makanan dan minuman sudah bisa dijaga, jangan lupa juga untuk selalu aktif bergerak. Berikut beberapa tips agar tubuh tetap bergerak dilansir dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases.

- Batasi penggunaan lift, baik di kantor atau di mal. Gunakan saja tangga atau eskalator.
- Pilih jenis permainan yang aktif sehingga dapat bermain sambil bergerak.
- Parkir di tempat yang lebih jauh dari pintu masuk.
- Gunakan toilet di lantai berbeda saat bekerja di kantor.
- Saat akan berdiskusi seputar pekerjaan di kantor, sebaiknya datang langsung jangan melalui telepon.
- Tetap bergerak saat menonton televisi, jangan hanya duduk diam.
- Buat daftar belanja sesuai kebutuhan dan hindari belanja makanan saat lapar. Lebih baik ngemil atau makan terlebih dahulu.
- Hindari makan saat merasa sedih, bosan, atau marah. Alihkan emosi negatif dengan melakukan hobi atau berolahraga. (detikhealth/f)

T#gs Sejak Usia MudaTips Mencegah Diabetes
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments