Jumat, 19 Jul 2019
  • Home
  • Kesehatan
  • Sama-sama Nyeri di Ulu Hati, Apa Bedanya Maag, GERD dan Tukak Lambung?

Sama-sama Nyeri di Ulu Hati, Apa Bedanya Maag, GERD dan Tukak Lambung?

admin Minggu, 30 Juni 2019 12:13 WIB
Ilustrasi
Jakarta (SIB) -Gangguan sakit maag, Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), dan tukak lambung memiliki gejala khas yang sama. Keduanya sama-sama menimbulkan sensasi nyeri di ulu hati meski memiliki penyebab yang berbeda.

Dengan penyebab yang berbeda, sakit maag, GERD, dan tukak lambung tentunya perlu penanganan yang berbeda. Masyarakat yang memiliki gejala kerap nyeri di ulu hati sebaiknya segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Perbedaan tentunya hanya bisa diketahui dokter, yang kemudian menentukan langkah pengobatan yang sebaiknya dilakukan pasien. Karena itu pasien sebaiknya waspada jika muncul gejala tersebut, apalagi di usia yang lebih dari 45 tahun," kata ahli pencernaan dari RS Cipto Mangunkusumo, Prof dr Ari Fahrial Syam.

Berikut sekilas perbedaan gangguan maag, GERD, dan tukak lambung:

1. Sakit maag
Sakit maag sebetulnya adalah sebutan untuk gangguan pencernaan secara umum. 'Maag' dalam bahasa Belanda berarti 'perut'. Gangguan bisa bersifat organik karena infeksi bakteri dan konsumsi obat, atau fungsional akibat kesibukan setiap hari. Contoh penyakit akibat gangguan organik adalah munculnya luka atau tukak pada lambung atau usus 12 jari, sedangkan untuk fungsional misal radang lambung atau gastritis.

2. GERD
GERD adalah penyakit akibat asam lambung yang naik hingga berisiko mengganggu fungsi organ lainnya. GERD terjadi karena kerusakan katup lambung yang mengakibatkan asam lambung bisa mampir ke semua organ tubuh. Asam lambung yang mampir ke paru-paru bisa mengakibatkan pasiennya sesak napas, batuk-batuk jika ditemukan di kerongkongan, dan sulit mendengar bila ada di telinga.

3.Tukak lambung
Tukak lambung biasanya diakibatkan infeksi bakteri Helicobacter pylori atau efek samping konsumsi obat anti inflamasi non steroid (OAINS), aspirin, kotrikosteroid, dan anti depresan jenis Serotonin Selective Reuptake Inhibitor (SSRI). Luka pada tukak lambung terbentuk akibat terkikisnya selaput yang melapisi dinding lambung. Tukak lambung bisa diketahui dengan pemeriksaan endoskopi dan tes laboratorium. (detikHealth/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments