Minggu, 20 Sep 2020
  • Home
  • Kesehatan
  • Pakar AS Sebut Pasien Sembuh Corona Bisa Kebal hingga 1 Tahun

Pakar AS Sebut Pasien Sembuh Corona Bisa Kebal hingga 1 Tahun

Minggu, 23 Agustus 2020 17:12 WIB
Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal

Virus Corona COVID-19 

Jakarta (SIB)
Usai terinfeksi virus Corona, kekebalan tubuh masih dipertanyakan. Hingga saat ini belum ada yang bisa memastikan berapa lama dan apakah usai terpapar Corona otomatis menjadi kebal dan tidak akan terinfeksi lagi di kemudian hari.

Namun, baru-baru ini pakar Amerika Serikat (AS) menjelaskan kekebalan pada pasien sembuh Corona bisa terjadi bahkan hingga 1 tahun lamanya. Mengapa bisa disebut demikian?

Dr Scott Gottlieb mengatakan kepada CNBC bahwa dia percaya bahwa kebanyakan orang yang terkena virus Corona akan memiliki kekebalan 'pada tingkat tertentu'.

"Sekarang berapa lama kekebalan itu bertahan, seberapa kuat kekebalan itu, kami tidak tahu. Mungkin tidak akan bertahan lama pada orang-orang tertentu. Mungkin tidak sekuat itu, jadi Anda bisa terinfeksi kembali tetapi mungkin tidak sesakit itu," jelas Scott, dikutip dari CNBC.

Gottlieb, mantan komisaris Badan Pengawas Obat dan Makanan, menanggapi peringatan yang dikeluarkan minggu lalu oleh Organisasi Kesehatan Dunia terkait kekebalan yang muncul. "Mungkin kasus Anda akan memiliki masa kekebalan yang berlangsung dari enam hingga 12 bulan. Ini akan menjadi sangat bervariasi. Beberapa orang memiliki kekebalan yang lebih rendah, beberapa orang memiliki lebih sedikit," lanjut Gottlieb.

Namun, WHO sendiri belum memastikan bahwa kekebalan pasien pasca sembuh pada virus Corona akan muncul. Belum ada bukti yang ditemukan hingga saat ini.

"Saat ini tidak ada bukti bahwa orang yang telah pulih dari Covid-19 dan memiliki antibodi terlindungi dari infeksi kedua," tulis WHO itu dalam laporan ilmiah tertanggal 24 April lalu, dikutip dari CNBC. (dth/c)
T#gs Coronapasien sembuh
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments