Rabu, 08 Jul 2020
PalasBappeda
  • Home
  • Kesehatan
  • Kenali Gejala Radang Usus Buntu, Segera Obati Sebelum Usus Pecah

Kenali Gejala Radang Usus Buntu, Segera Obati Sebelum Usus Pecah

Minggu, 04 Mei 2014 22:48 WIB
Jakarta (SIB)- Fungsi usus buntu masih menjadi perdebatan di kalangan kedokteran. Selain tidak memiliki fungsi secara anatomi, usus buntu justru bisa merugikan bila mengalami peradangan. Bila tidak segera diobati, radang usus buntu bahkan bisa pecah.

Sesuai namanya, usus buntu merupakan umbai kecil yang buntu, yang terletak di perut bagian kanan bawah. Usus buntu (appendix) adalah kantong tipis seukuran 2 sampai 4 inci (5-10 cm) yang terletak di dekat persimpangan usus besar dan kecil.

Usus buntu bisa meradang dan bernanah, atau dikenal dengan appendiksitis. Appendiksitis dapat menyebabkan nyeri akut, demam, mual, muntah dan hilangnya nafsu makan, tetapi mudah disembuhkan dengan melakukan operasi pengangkatan usus buntu.

"Gejalanya demam, nyeri di bagian perut kanan bawah," ujar Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, MMB, dari Divisi Gastroenterologi, Departemen Penyakit Dalam FKUI-RSCM, saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Selasa.

Secara lengkap, berikut beberapa gejala radang usus buntu yang perlu diwaspadai, seperti dirangkum detikHealth dari berbagai sumber: Nyeri sakit yang dimulai di sekitar pusar dan sering bergeser ke perut kanan bawah,  Nyeri yang menjadi tajam selama beberapa jam,  Perut kanan bawah terasa lembut saat ditekan,  Nyeri di perut kanan bawah yang terjadi ketika daerah tersebut ditekan dan kemudian tekanan dengan cepat dilepaskan (nyeri lepas), Nyeri yang memburuk jika Anda batuk, berjalan atau melakukan gerakan gemuruh lainnya, Mual, Muntah, Kehilangan nafsu makan, Demam ringan,  Sembelit, Ketidakmampuan untuk buang gas, Diare dan  Pembengkakan perut.

Lokasi nyeri dapat bervariasi, tergantung pada usia dan posisi usus buntu. Anak-anak atau wanita hamil mungkin mengalami nyeri usus buntu di tempat yang berbeda.

"Pada radang usus buntu akut, kalau saat bergerak akan terasa sakit, ngangkat barang terasa sakit, itu usus buntunya bisa pecah. Itu harus dioperasi," sambung dr Ari. (detikhealth/f)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments