Kamis, 21 Nov 2019
  • Home
  • Kesehatan
  • Hati-hati, Jus Buah Bisa Jadi Tak Sehat Kalau Dikonsumsi Secara Salah

Hati-hati, Jus Buah Bisa Jadi Tak Sehat Kalau Dikonsumsi Secara Salah

Minggu, 16 Februari 2014 22:26 WIB
SIB/Int
Jus Buah
Jakarta (SIB)- Jus buah selama ini sering dijadikan sebagai alternatif makanan sehat. Namun sebuah studi mengungkapkan bahwa buah yang diolah menjadi jus justru bisa mengandung gula dalam jumlah tinggi dan membuat jenis minuman ini jadi tak lagi sehat.

Studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal The Lancet Diabetes & Endocrinology ini bahkan mengungkapkan bahwa jika dikonsumsi berlebihan, jus buah bisa menjadi sama berbahayanya dengan minuman manis dan berkarbonasi.

Tim peneliti yang terlibat, Jason Gill, MD, dan Naveed Sattar, profesor kedokteran metabolik, serta tim dari Institute of Cardiovascular dan University of Glasgow, Skotlandia, menyerukan perubahan dalam pedoman sehat makanan dalam sehari. Dalam seruan tersebut mereka tak mencantumkan jus buah sama sekali, hanya asupan buah-buahan segar yang dikonsumsi langsung.

Mereka mengungkapkan asupan jus buah yang dianjurkan adalah tidak lebih dari 150 ml per hari. Jumlah ini setara dengan kurang dari secangkir.

"Sepertinya ada kesalahan persepsi, di mana sebelumnya disebutkan bahwa jus buah dan smoothie bisa dijadikan alternatif pengganti minuman manis dan soda. Tapi kini fakta berkata lain. Jus buah tetap tak sehat jika terlalu banyak dikonsumsi," papar Dr Gill, seperti dikutip dari News Max Health, Kamis (13/2/2014).

Sattar menambahkan bahwa secangkir jus apel rata-rata mengandung 26 gram gula, hampir sama seperti secangkir minuman berkarbonasi. "Faktanya satu gelas jus buah mengandung gula secara substansial lebih banyak dari sepotong buah. Selain itu banyak kebaikan dalam buah, misalnya serat, yang jumlahnya menjadi sedikit atau bahkan hilang sama sekali dalam jus," ungkapnya.

Pada tahun 2012, peneliti dari Harvard University melaporkan dalam jurnal Circulation bahwa konsumsi harian minuman berperisa manis dapat meningkatkan risiko penyakit jantung pada pria sebesar 20 persen. Nah, Dr Gill menyebutkan bahwa meskipun jus buah mengandung vitamin dan mineral, namun tingkat nutrisi tersebut tetap tidak cukup untuk mengimbangi efek buruknya jika dikonsumsi berlebihan terhadap metabolisme.

Oleh sebab itu, peneliti menyarankan jika Anda memang ingin mendapatkan manfaat buah secara maksimal, maka sebaiknya Anda mengonsumsinya secara langsung tanpa tambahan apapun.

(detikhealth/h)
 
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments