Senin, 28 Sep 2020
  • Home
  • Kesehatan
  • Ciri-ciri Kaki Bengkak yang Bisa Jadi Tanda Penyakit Jantung

Ciri-ciri Kaki Bengkak yang Bisa Jadi Tanda Penyakit Jantung

Minggu, 09 Februari 2020 21:59 WIB
hellosehat.com

Ilustrasi

Jakarta (SIB)
Kaki yang tiba-tiba bengkak bisa terjadi karena berbagai hal, salah satunya bisa karena masalah pada jantung. Ada beberapa tanda khusus yang bisa jadi petunjuk pembengkakan akibat masalah jantung.

dr Vito A. Damay, SpJP, dari RS Siloam Karawaci menjelaskan kaki bengkak ini terjadi ketika jantung melemah sehingga kesulitan memompa darah dalam tubuh. Dampaknya darah jadi terkumpul di bagian kaki sehingga tampak bengkak.

Ciri kaki bengkak karena masalah jantung ini bisa dilihat dari apakah seseorang memiliki faktor risiko seperti hipertensi atau punya sejarah penyakit jantung. Selain itu bengkak juga terjadi dalam periode waktu yang lama.

"Apakah orang yang kakinya bengkak karena gangguan bengkak jantung atau lemah jantung? Belum tentu. Tapi memang kalau orang punya gangguan jantung lama, bengkak lama, dulu hipertensi sekarang enggak hipertensi, dulunya jantungnya membesar, kita lihat tuh biasanya kakinya membesar," kata dr Vito lewat video yang ia bagikan di kanal Youtubenya.

Pemeriksaan sederhana seperti USG jantung (echocardiography) atau rontgen biasanya dapat dipakai untuk memastikan masalah ini. Bila seseorang curiga dengan kondisinya, dr Vito menyarankan tidak usah ragu untuk periksa.

"Tapi ingat tidak semua orang yang kaki bengkak itu punya gangguan jantung. Harus dilihat dulu kakinya seperti apa nih dan apa pemeriksaan yang harus dilakukan," kata dr Vito.

"Karena contohnya penyakit lain adalah penyakit katup vena atau varises atau insufisiensi vena kronis itu menyebabkan kaki bengkak juga," pungkasnya. (detikhealth/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments