Selasa, 04 Agu 2020
  • Home
  • Kesehatan
  • Cara Mengecek Kondisi Kesehatan dari 5 Warna Lidah

Cara Mengecek Kondisi Kesehatan dari 5 Warna Lidah

Minggu, 26 Juli 2020 17:11 WIB
© Pixabay.com

Ilustrasi

Tubuh manusia selalu memberikan sinyal terkait kondisi kesehatan. Salah satunya melalui warna lidah. Untuk mengetahuinya, kamu dapat memeriksanya di pagi hari sebelum menggosok gigi.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya kamu mengecek warna lidah lokasi yang terkena paparan sinar matahari pagi. Satu jam kemudian, paparkan lagi lidah untuk diperiksa di bawah cahaya matahari.

Warna lidah yang sehat umumnya berwarna merah muda dengan bintik-bintik kecil di permukaannya. Lidah akan berubah warna jika tubuh berada dalam kondisi kurang sehat.

Nah, berikut ini beberapa kondisi kesehatan berdasarkan warna lidah. Simak ulasan lengkap berikut ini.

Putih
Lidah berwarna putih seringkali menjadi pertanda tubuh mengalami dehidrasi. Untuk itu segeralah mengonsumsi air putih. Untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

Pertanda lain dari lidah berwarna putih adalah kamu sedang terkena flu atau infeksi jamur. Dengan mengetahui pertanda yang diberikan tubuh, maka akan lebih mudah untuk mencari pencegahannya agar tidak berkembang menjadi penyakit yang lebih serius.

Merah
Lidah berwarna merah dapat menjadi pertanda tubuh sedang kekurangan vitamin B. Vitamin B sangat penting untuk tubuh, karena dapat mengubah makanan menjadi energi, membuat sel darah baru, memelihara sel-sel kulit, dan jaringan tubuh lainnya.

Asupan vitamin B banyak ditemukan pada sayuran berdaun hijau serta produk hewani seperti, ikan salmon dan telur.

Warna merah pada lidah pun bisa jadi tanda tubuh sedang mengalami stres mental maupun emosional. Meskipun tingkat stres ini dapat hilang dengan sendirinya, namun sangat penting untuk dapat memperhatikan sinyal yang telah diberikan oleh tubuh.

Kuning
Umumnya lidah berwarna kuning akibat jarang menggosok gigi atau berkumur. Sehingga menyebabkan penumpukan sel kulit mati dan bakteri pada permukaan lidah atau papila.

Selain itu, lidah berwarna kuning juga sering dijumpai pada para perokok. Hal ini sebabkan oleh efek racun yang ditimbulkan dari batang rokok.

Lidah berwarna kuning dapat menunjukkan kondisi pencernaan yang kurang baik. Lidah berwarna kuning biasanya terjadi pada orang yang mengidap penyakit perut atau liver.

Hitam
Lidah berwarna hitam biasanya ditunjukkan oleh para perokok. Hal ini diakibatkan oleh bintil lidah yang tumbuh membesar dan menjebak sel kulit mati. Ditambah lagi campuran residu dari tembakau dan sisa-sisa makanan semakin memperparah kondisi lidah.
Untuk mengatasinya, dianjurkan untuk lebih sering membersihkan mulut. Dengan cara rutin menggosok gigi dan berkumur. Selain itu, hindarilah kebiasaan merokok yang dapat memperparah kondisi ini.

Ungu dan Biru
Lidah berwarna ungu menjadi salah satu tanda bahwa tubuh mengalami masalah jantung. Hal tersebut diakibatkan karena jantung yang tidak dapat memompa darah dengan baik.

Sedangkan lidah berwarna biru dapat disebabkan oleh masalah paru-paru atau penyakit ginjal. (dream/f)

T#gs Cara Mengecek Kondisi KesehatanWarna Lidah
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments