Minggu, 20 Sep 2020
  • Home
  • Kesehatan
  • 7 Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur, Bisa Turunkan Berat Badan

7 Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur, Bisa Turunkan Berat Badan

redaksisib Minggu, 30 Agustus 2020 17:23 WIB
shutterstock.com

Ilustrasi air hangat. 

Apakah Anda terbiasa meminum air putih sebelum tidur? Ada beberapa orang yang menghindari minum air putih karena malas harus bolak-balik ke toilet. Padahal manfaat minum air hangat sebelum tidur sangatlah banyak.

Hal tersebut dipercaya dapat membuat tidur lebih nyenyak dan tubuh lebih nyaman. Namun, tingkat kehangatan air yang diminum juga janganlah terlalu panas karena bisa melukai mulut dan tenggorokan Anda.

Minum air hangat sebelum tidur dikaitkan dengan manfaat kesehatan yang optimal.Berikut adalah 8 manfaat minum air hangat sebelum tidu

Tubuh tetap terhidrasi
Manfaat minum air hangat sebelum tidur yang utama, yaitu membuat tubuh tetap terhidrasi sepanjang malam. Hal ini dapat membantu Anda terhindar dari kehausan dan tenggorokan kering yang bisa memicu Anda untuk terbangun saat tidur.

Memperbaiki suasana hati
Ketika tubuh dan pikiran lelah setelah seharian beraktivitas, maka Anda dapat mengatasinya dengan minum air hangat sebelum tidur. Minum air hangat mampu memperbaiki suasana hati dan membuat tubuh rileks sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

Mengganti cairan tubuh
Anda terus menggunakan dan kehilangan cairan tubuh saat berkeringat, buang air kecil, dan buang air besar. Akan tetapi, minum air hangat mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang sehingga menjaga sistem tubuh untuk tetap bekerja dengan baik meski pada malam hari.

Membersihkan tubuh (detoks)
Minum air hangat sebelum tidur menjadi salah satu cara alami untuk membantu detoksifikasi tubuh dan menyehatkan pencernaan. Ketika mengonsumsinya, tubuh akan menghasilkan keringat dan mengeluarkan racun dalam tubuh lewat keringat tersebut. Ini juga dapat membantu meredakan nyeri atau kram di perut.

Menurunkan berat badan
Manfaat minum air hangat sebelum tidur yang lainnya, yaitu menurunkan berat badan. Hal ini terjadi karena air hangat mampu menghancurkan makanan dan mencernanya lebih cepat. Selain itu, minum air hangat juga dapat membantu meningkatkan perasaan kenyang sehingga mencegah Anda ngemil pada jam tidur.

Meningkatkan sirkulasi darah
Minum air hangat juga mampu meningkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang meningkat signifikan ke struktur otot bisa meningkatkan oksigen ke jaringan tubuh. Ketika sirkulasi darah lancar, maka organ-organ tubuh pun tetap dapat bekerja dengan baik.

Melawan infeksi
Minum air hangat sebelum tidur juga dapat membantu melawan infeksi, seperti halnya flu. Anda pun bisa menambahkan lemon yang mengandung banyak vitamin C ke dalam minuman tersebut. Vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga memberi perlawanan ekstra terhadap infeksi. Tak heran, jika minuman hangat ini dipercaya dapat meredakan hidung tersumbat dan batuk.

Minum air hangat sebelum tidur memang memiliki sejumlah manfaat, namun jika dilakukan terlalu dekat dengan waktu tidur atau secara berlebihan, maka dapat mengganggu siklus tidur karena meningkatkan risiko Anda terkena nokturia. Nokturia adalah meningkatnya keinginan untuk buang air kecil di malam hari. Oleh sebab itu, minum air hangat sebelum tidur sebaiknya dilakukan terutama bagi orang yang berisiko mengalami dehidrasi.

Di sisi lain, Anda juga harus minum cukup air sepanjang hari minimal 8 gelas untuk menghindari risiko dehidrasi dan mencegah asupan air berlebih di malam hari. Tak hanya itu, tingkatkan asupan sayur dan buah karena mengandung banyak air, minum setiap kali makan, minum sebelum dan sesudah berolahraga, serta minum saat lapar karena terkadang haus disalahartikan sebagai lapar. (c)
T#gs Berat BadanMinum Air Hangatkesehatan
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments