Selasa, 07 Apr 2020

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Batuk

Redaksisib Minggu, 16 Februari 2020 23:43 WIB
health.detik.com

Nutrisi memegang peran penting dalam proses pemulihan ketika sakit. 

Jakarta (SIB)
Batuk adalah penyakit yang kerap menyerang saat hujan. Konsumsi makanan di bawah ini agar tidak batuk.
Batuk merupakan salah satu penyakit yang cukup mengganggu saat melakukan kegiatan sehari-hari. Gejalanya muncul rasa gatal dan kering pada tenggorokan. Untuk meredakan batuk, kamu tidak perlu khawatir. Ada beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi dan dapatkan dengan mudah untuk mengobati batuk yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Kaldu
Kaldu yang digunakan bisa dari kaldu tulang sapi atau kaldu pada sup. Kaldu bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dan mengurangi kadar lendir pada tenggorokan yang menyebabkan batuk dan menghilangkan zat-zat kimia yang terdapat di tenggorokan.

2.Makanan yang Mengandung Vitamin C
Vitamin C dipercaya bisa menyembuhkan jenis penyakit seperti panas dalam dan sariawan. Namun, saat batuk juga membutuhkan asupan vitamin C yang banyak untuk mendukung kekebalan tubuh dan meningkatkan sel darah putih. Vitamin C bisa kamu dapatkan dari buah-buahan seperti jeruk, nanas, tomat, lemon, pepaya, stroberi, dan buah lainnya.

3.Bawang Putih
Bawang putih telah terbukti dapat mencegah batuk dan pilek jika dikonsumsi secara rutin. Ini dikarenakan bawang putih memiliki komponen yang bisa meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Bawang putih bisa dimakan langsung saat mentah, atau bisa dicampurkan ke makanan lain.

4.Makanan Lembut
Batuk yang terus menerus dapat melukai tenggorokan. Untuk menghindari tergoresnya tenggorokan karena batuk berkepanjangan dan tidak terjadi iritasi pada tenggorokan, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lembut seperti oatmeal, agar-agar, puding, bubur atau sup.

5.Ikan
Mengonsumsi daging ikan ketika sedang batuk sangat dianjurkan karena ikan kaya akan lemak omega-3. Komponen-komponen ini dapat mengurangi peradangan pada tenggorokan dan dapat mencegah sistem kekebalan tubuh kamu berfungsi tidak baik. (detikHealth/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments