Sabtu, 21 September 2024

Rahasia Awet Muda: 3 Jenis Olahraga yang Perlu Dicoba

Robert Banjarnahor - Senin, 16 September 2024 20:27 WIB
106 view
Rahasia Awet Muda: 3 Jenis Olahraga yang Perlu Dicoba
Shutterstock/oneinchpunch
Ilustrasi aktivitas fisik atau olahraga. Setiap orang perlu melakukan aktivitas fisik rutin agar tubuh sehat.
Jakarta (harianSIB.com)

Setiap mahluk hidup seperti manusia pasti akan mengalami penuaan yang merupakan bagian alami dari siklus hidup. Tetapi gaya hidup sehat dapat membantu memperlambat proses tersebut. Faktor-faktor seperti pola makan yang baik, olahraga teratur, manajemen stres, serta kualitas tidur yang cukup semuanya berkontribusi terhadap kesehatan dan keremajaan seseorang.

Olahraga, misalnya, terbukti secara ilmiah dapat memperlambat tanda-tanda penuaan, baik secara fisik maupun mental. Aktivitas fisik membantu meningkatkan sirkulasi darah, menjaga massa otot, serta merangsang produksi hormon yang berperan dalam mempertahankan elastisitas kulit dan energi tubuh.

Dengan menggabungkan gaya hidup aktif dengan kebiasaan sehat lainnya, seseorang bisa lebih menikmati masa tua dengan kondisi fisik dan mental yang lebih prima. Apakah Anda ingin mendalami lebih lanjut soal gaya hidup yang berperan dalam proses penuaan ini ?

Baca Juga:

Menurut Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga RS Pondok Indah – Bintaro Jaya dr. Grace Joselini Corlesa, MMRS, Sp. K.O, dikutip dari Kompas.com mengatakan, penurunan massa otot, berkurangnya kepadatan tulang, hingga masalah pada sistem kardiovaskular kerap hadir seiring dengan proses penuaan.

Selain itu, peningkatan kadar gula darah, kolesterol, hipertensi, dan gangguan pada sistem saraf umumnya juga sulit dihindari di usia senja.

Baca Juga:

Dengan rutin berolahraga, jelas dr Grace, dapat membantu memperlambat datangnya tanda-tanda penuaan tersebut, sehingga kita tampak awet muda

Berikut ini tiga jenis olahraga yang bikin awet muda dan menunda penuaan :

1. Olahraga kardiovaskular
Olahraga kardiovaskular seperti berlari, bersepeda, berenang, dan berjalan cepat menjadi pilihan yang baik, karena dapat meningkatkan sirkulasi darah, stamina, serta kesehatan jantung.

Jenis olahraga ini juga mampu menjaga tekanan darah, kadar gula, kadar kolesterol, serta mengoptimalkan proses pembakaran kalori dan metabolisme tubuh, yang akhirnya memperlambat efek penuaan dan membuat awet muda. Olahraga kardiovaskular juga dipercaya dapat meningkatkan mood dan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik.

2. Olahraga kekuatan Olahraga kekuatan, seperti angkat beban atau latihan kekuatan menggunakan berat badan sendiri juga sangat penting dalam mendukung kesehatan jangka panjang.

Jenis latihan ini membantu membangun massa otot, meningkatkan kepadatan tulang, dan memperbaiki postur tubuh. Latihan kekuatan juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga berat badan terjaga dan kadar gula darah terkelola dengan baik.

3. Olahraga fleksibilitas dan keseimbangan
Yoga, pilates, tai-chi, dan latihan peregangan (stretching) membantu menjaga fleksibilitas tubuh, memperbaiki postur, serta mengurangi risiko cedera.

Olahraga ini juga membantu melepaskan ketegangan dan stress, sehingga berdampak positif terhadap kesehatan mental dan emosional. Menurut dr Grace, jenis olahraga ini mampu membuat kita awet muda dan menurunkan risiko stroke jika dilakukan secara rutin. (*)

Editor
: Robert Banjarnahor
SHARE:
komentar
beritaTerbaru