Sabtu, 21 September 2024

Sakit Kepala ? Coba 5 Cara Ampuh Ini !

Robert Banjarnahor - Minggu, 04 Agustus 2024 17:23 WIB
221 view
Sakit Kepala ? Coba 5 Cara Ampuh Ini !
Ist/SNN
Ilustrasi sakit kepala.
Medan (harianSIB.com)
Sakit kepala memang bisa menjadi pengganggu utama dalam aktivitas sehari-hari, membuat seseorang kehilangan fokus dan produktivitas.

Penyebab sakit kepala, bisa terjadi karena sleep apnea (gangguan tidur), mendengkur, kurang tidur di malam hari, insomnia, mengalami gangguan ritme sirkadian, tidur berlebihan, migrain, tegang karena salah postur dan posisi tidur, mabuk, hingga konsumsi obat atau suplemen tertentu.

Karenanya, jika sakit kepala jangan dianggap sepele, karena bisa berdampak terhadap buruk terhadap kesehatan bahkan berakibat fatal, karenanya harus segera diobati.

Baca Juga:

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi, menghilangkan sakit kepala di pagi hari ini dilansir dari Okezone.com, Minggu (4/8/2024).

1. Batasi kafein dan alkohol
Hindari minum kopi terlalu sore, atau malah menenggak minuman beralkohol sebelum tidur. Ini semua bisa mengganggu tidur.

Baca Juga:

2. Olahraga teratur
Disarankan untuk berolahraga setidaknya beberapa jam sebelum tidur. Tapi ingat, jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, karena ini bisa bikin mata dan tubuh jadi terjaga lebih lama.

3. Disiplin dengan jadwal tidur yang konsisten
Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

4. Bersantai
Cobalah mandi air hangat yang menenangkan, membaca, atau meditasi. Semua aktivitas santai yang dilakukan di penghujung hari, bantu memberi sinyal pada tubuh bahwa memang sudah waktunya untuk tidur.

5. Sesuaikan lingkungan tidur
Tidur membutuhkan ruangan yang gelap, sejuk, dan tenang. Buat lingkungan tempat tidur yang bersih, nyaman, dan jauh dari perangkat suara yang bisa menimbulkan kebisingan. (*)

Editor
: Robert Banjarnahor
SHARE:
komentar
beritaTerbaru